Saatnya untuk membawa bisnis Anda ke ranah online dengan bisnis ecommerce yang makin ke sini makin subur karena perilaku belanja konsumen yang lebih sering belanja secara online untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Langkah pertama yang mesti Anda tempuh untuk membuat halaman ecommerce adalah memilih hosting yang tepat. Memilih hosting yang mumpuni untuk usaha online Anda bukanlah perkara mudah karena ada banyak sekali jasa di luar sana yang menawarkan hosting dengan berbagai macam pilihan biaya dan juga fitur. Apapun fitur yang menurut Anda bisa berguna untuk situs ecommerce Anda nanti, setidaknya memiliki tiga fitur utama di bawah ini.

Kecepatan akses

Tidak hanya untuk membuat pengunjung makin nyaman masuk ke situs Anda karena loading yang cepat, namun kecepatan akses juga menentukan posisi situs Anda di mata mesin pencari seperti Google. Pada kenyataannya hampir setengah dari pengguna internet mengharapkan sebuah situs bisa selesai dibuka dalam hitungan tidak lebih dari 3 detik. Kecepatan akses sebuah situs ditentukan oleh banyak faktor, antara lain adalah hosting-nya, data-data yang ada pada situs, seberapa besarnya bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat situs Anda, dan berbagai macam plug ins yang dipasangkan.

Uptime lebih tinggi

Hosting yang menawarkan uptime 99,99% memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan yang menawarkan 99,9%. Konsumen yang kebetulan mengakses situs ecommerce Anda pada saat downtime akan mendapatkan pengalaman yang buruk karena kesulitan membuka informasi produk, kesulitan melakukan pembayaran, dan sebagainya yang bisa berujung pada ulasan yang buruk dan menodai reputasi bisnis Anda hingga mengakibatkan kerugian finansial. Satu ulasan yang buruk dari konsumen memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan dengan 10 ulasan bagus. Jadi pilih web-hosting yang menawarkan uptime tinggi.

Skalabilitas

Meski saat ini Anda memulai bisnis ecommerce dengan skala yang lebih kecil, tentunya Anda tidak ingin menutup kemungkinan usaha bisa berkembang lebih besar yang tentunya membutuhkan ruang untuk berkembang yang cukup lega. Makin berkembangnya usaha ecommerce Anda makin tinggi pula kebutuhan akan hosting yang bisa menyelaraskan dengan perkembangan ecommerce. Pastikan memilih hosting yang tidak membuat Anda mengalami downtime ketika harus pindah platform yang lebih cocok dengan skala ecommerce Anda nantinya.