Bagi perusahaan yang masih cukup awam dengan internet marketing tentunya mengalami banyak kendala dalam mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk memiliki strategi dalam memasarkan brand dan produk adalah dengan membuat situs web yang nantinya bisa mendatangkan konsumen lebih banyak di perusahaan Anda. Namun nyatanya menambah konsumen tidak semudah itu yang akhirnya membawa perusahaan tidak serius dalam membuat situs web yang bisa mengkonversi. Apa yang menghalangi target konsumen untuk membeli produk dari situs online Anda?

Tidak menyediakan solusi

Perhatikan narasi dan pesan yang Anda sampaikan kepada pengunjung situs. Banyak situs yang menggembar gemborkan betapa hebatnya produk yang dijual dengan segala manfaatnya namun tidak memberikan solusi yang nyata bagi target konsumen. Daripada melakukan klaim yang berlebihan, akan lebih baik jika Anda bisa mengidentifikasi masalah konsumen dan meyakinkan mereka bahwa produk Anda adalah solusi yang tepat.

Fokus pada fitur, bukan hasil

Banyak situs yang membuat penjelasan panjang lebar mengenai fitur yang dimiliki oleh produk yang dijual. Sayangnya kebanyakan spesifikasi yang ditulis berupa hal-hal teknis yang menggunakan bahasa spesifik sehingga sulit untuk dipahami oleh konsumen yang memiliki berbagai macam latar belakang. Misalnya produk suplemen dengan berbagai macam kandungan dan istilah-istilah medis yang sulit. Akan lebih mudah dipahami bagi konsumen apabila dijelaskan manfaat dari kandungan tersebut untuk masalah kesehatan yang dimiliki oleh target konsumen Anda.

Tidak membangun branding

Jangan hanya memanfaatkan situs web untuk menjual produk, namun perusahaan harus bisa membangun branding dan juga brand awareness yang bisa memengaruhi reputasi produk dan brand di mata pasar konsumen. Ada banyak cara untuk meningkatkan brand awareness baik secara online maupun offline, mulai dari melakukan optimasi dengan strategi SEO hingga membuat event offline dengan melibatkan orang banyak.

Tidak memberikan alasan untuk kembali

Situs online Anda tidak bisa mendatangkan penjualan karena pengunjung tidak memiliki alasan untuk kembali ke situs Anda. Jarang ada pengunjung yang langsung terkonversi menjadi konsumen hanya dalam satu kali kunjungan saja. Repeat visitors adalah peluang terbaik Anda karena sudah mengenal lebih jauh mengenai produk dan brand Anda. Maka dari itu berikan alasan bagi pengunjung untuk masuk ke situs Anda kembali misalnya dengan konten-konten relevan berkualitas tinggi dan informatif yang diunggah secara konsisten.