Membangun sebuah bisnis memang bukan perkara yang mudah, apalagi di tahun 2018. Sebab, ada berbagai tantangan yang mungkin akan Anda jumpai, mengingat banyaknya UMKM dan toko online yang bermunculan. Tapi, hal itu tidak berarti mustahil untuk dilakukan. Siapapun bisa menjadi pengusaha yang sukses, asalkan memiliki kerja keras dan cerdas dalam mewujudkan siasat. Sebab, sejatinya untuk menjadi pebisnis, yang perlu dipersiapkan adalah strategi dan kekuatan mental dalam menghadapi berbagai resiko.

Tips Membuka Bisnis Online di Tahun 2018

Berikut kiat-kiat yang bisa Anda terapkan untuk membuka usaha di tahun ini:

Merencanakan Strategi Dengan Matang

Sebelum memulai sebuah usaha, Anda harus mempersiapkan rencana-rencana seperti apa yang hendak dieksekusi. Tentukanlah market bisnis dan kenali target pelanggan. Periksa juga dukungan dana finansial, apakah hendak membangun bisnis dengan modal sendiri atau masih membutuhkan tambahan dari pinjaman. Tapi, jika ingin menjalankan usaha tanpa modal, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper.

Membangun Brand Awareness

Brand awareness (BA) adalah kemampuan pembeli untuk mengenali dan mengingat sebuah merek. BA sangat penting karena tidak hanya mampu mengundang pelanggan untuk membeli produk, tapi juga membuat mereka loyal pada Anda. Dengan brand awareness, usaha Anda juga akan lebih dikenali, sehingga bisa membangun kepercayaan konsumen. Selain itu, BA dapat menambah nilai sebuah produk atau jasa. Sehingga, sangat disarankan untuk membangunnya sejak awal.

Beradaptasi Dengan Teknologi

Perkembangan teknologi semakin pesat dan mau tidak mau, Anda harus menyesuaikan diri. Di luar sana banyak pebisnis yang telah memanfaatkan teknologi, jadi jangan sampai tidak mau mengembangkan bisnis dengan sumber daya yang sudah disediakan. Sebab, Anda hanya akan stagnan dan kalah dalam kompetisi. Ingat, sebagai seorang pengusaha yang ingin memperluas bisnis, Anda harus siap dengan perubahan. Jangan terpaku pada ide lama karena akan tiba masa kadaluarsanya, apalagi di era digital ini.

Pantang Menyerah dan Terus Berkembang

Saat Anda merintis sebuah usaha, hal yang harus dihindari adalah melihat rumput tetangga. Artinya, jangan tergoda untuk mencoba ide bisnis orang lain lantas meninggalkan gagasan Anda sendiri. Silakan belajar dari kisah sukses mereka mempertahankan dan mengembangkan bisnis. Amati, teliti, tiru dan modifikasi cara pengusaha tersebut untuk diaplikasikan dalam bisnis Anda.

Jika sedang mengalami hambatan, berusahalah untuk keluar dari sana. Jangan biarkan Anda terperangkap dan akhirnya tidak berkembang atau bahkan memutuskan untuk berhenti alias gulung tikar.

Siapkah Anda menjalankan bisnis online di tahun 2018? Kuncinya adalah membuat perencanaan dengan matang dan berani mewujudkannya tanpa takut akan kegagalan.