Berbicara mengenai tren marketing terbaru saat ini, bagi pemula yang baru mempelajari dunia marketing sekarang ini tak perlu khawatir sebab kini telah diperkenalkan berbagai strategi marketing terbaru untuk kesuksesan bisnis Anda. Ada beberapa tren digital marketing terbaru dalam dunia internet marketing yang bisa Anda coba berikut ini :

1.             Iklan Video

Iklan video saat ini sudah mampu meraup banyak penghasilan yang bahkan hampir menyamai strategi iklan tradisional. Beberapa iklan video, baik itu whiteboard video, animasi, dan video Youtube bisa menarik perhatian sebab memanfaatkan aspek visual dan audio sekaligus. Tak sedikit orang menikmati jenis iklan video menarik atau dengan “bercerita” sehingga menjadi tontonan tersendiri yang mampu menarik minat pasar. Tren digital marketing ini juga membuat berbagai macam platform populer dengan menyelipkan fitur-fitur video, diantaranya seperti Bing, Twitter, Instagram dan Facebook. Tak hanya itu saja, Google bahkan berencana membuat sebuah platform iklan menggunakan video.

2.             Internet Mobile

Sebelumnya, pemasar dan pengiklan cenderung menggunakan fitur desktop dalam tampilan promosinya. Namun kini hal tersebut sudah tidak lagi, sebab sudah semakin banyak pengiklan yang memanfaatkan internet mobile saat menjalankan aktivitasnya. Para pemasar maupun pebisnis saat ini harus lebih memperhatikan aspek dari iklan mobile yang peranannya sama seperti pada iklan desktop.

3.             Live Streaming

Semenjak diluncurkannya 2 aplikasi berbasis live streaming belum lama ini, yakni Meerkat dan Periscope, pemanfaatan live streaming kini sudah semakin populer. Live Streaming bahkan bisa dijadikan sebagai strategi yang dapat meningkatkan orisinalitas dalam sebuah pemasaran, khususnya di zaman sekarang ini yang mana para pengguna internet semakin haus dengan konten-konten menyegarkan. Sebagai pebisnis yang memanfaatkan teknologi digital tentu harus memperhitungkan penggunaan fitur live streaming ini sebagai teknik digital marketing, supaya Anda tetap menandingi para kompetitor.

4.             Location-Based Marketing

Marketing yang berbasis lokasi atau location-based marketing sudah lama disarankan sebagai sebuah metode untuk mengoptimalkan bisnis. Akan tetapi penggunaannya baru-baru ini menjadi aspek paling penting dalam sebuah bisnis. Banyak pebisnis yang saat ini yang memanfaatkan faktor lokasi maupun SEO lokal untuk meraih banyak pengunjung dan customer yang potensial.