Internet marketing merupakan ujung tombak bagi bisnis online yang sedang Anda jalani. Selain untuk mendongkrak pemasukan, melalui internet marketing ini, Anda bisa lebih menjangkau banyak konsumen. Sebenarnya, internet marketing ini mempunyai beberapa cabang. Dan, berikut ini beberapa cabang yang paling populer digunakan masyarakat. Anda pun bisa menggunakan salah satunya untuk mengembangkan bisnis Anda.

1. Website

Jika Anda mempunyai sebuah bisnis online, promosi melalui sebuah website menjadi solusi tepat. Beberapa bentuk website, seperti blog, website builder, maupun yang lain bisa digunakan sesuai dengan kepentingan serta penggunaannya. Agar dapat menjaring lebih banyak konsumen, terapkan SEO dalam website tersebut. Dengan begitu, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh para pengguna internet dan selalu berada di rangking atas halaman pertama Google.

2. Marketplace

Pemasaran selanjutnya dapat Anda lakukan melalui marketplace. Di tempat ini, berbagai barang dagangan Anda bisa Anda pajang. Bukan hanya itu, melalui tempat ini pula, Anda bisa memilih berbagai cara pemasaran, baik melalui reseller, dropshipping, seller, affiliate marketing, dan sebagainya.

3. Media Sosial

Cabang internet marketing selanjutnya adalah media sosial. Dengan semakin meningkatnya para pengguna media sosial, membuat tempat ini sangat layak untuk dijadikan sebagai sasaran berpromosi. Anda bisa menggunakan media sosial, seperti Line, Facebook, Instagram, Pinterest, dan sebagainya untuk menjajakan dagangan Anda.

4. Advertisers

Advertisers juga tidak luput dari sasaran pemasaran para pebisnis online. Layanannya yang gratis membuat tempat ini menjadi tempat paling cocok untuk melakukan penghematan dalam berpromosi. Layanan Adsense, FB Ads, Adword, dan sebagainya merupakan beberapa contoh advertisers yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis.

5. Email Marketing

Meskipun tergolong baru dibanding empat cabang di atas, namun saat ini sudah banyak yang menggunakan cabang marketing ini untuk mempromosikan produknya. Bahkan, saat ini cabang tersebut sangat digemari para pebisnis karena keefektifan, kepraktisan, dan keefisienannya. Dengan mengirim email yang berisi daftar produk terbaru, informasi terkait produk, atau promo-promo lain kepada konsumen pilihan, membuat bisnis Anda lebih cepat populer dan dijadikan sasaran konsumen potensial.