Banyak orang yang menganggap bahwa digital marketing merupakan hal yang sepele. Faktanya, sejak tahun 2014 lalu, iklan di internet telah melampaui yang ada di TV. Pemasaran digital multi-channel telah tumbuh dengan pesat dan menggilas periklanan konvensional. Di samping itu, brand-brand besar di seluruh dunia telah menggunakan strategi digital marketing untuk memajukan usahanya. Lalu, bagaimana dengan UKM (Usaha Kecil Menengah)?

Manfaat Digital Marketing Bagi UKM

Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengandalkan digital marketing:

Terhubung Dengan Pelanggan Secara Online

Dulu, konsumen hanya dapat mencari informasi produk melalui media cetak. Tapi sekarang mereka lebih memilih untuk mengandalkan internet karena dinilai sangat cepat dan mudah. Beruntungnya, kini banyak kanal yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran digital. Dengan demikian, para pebisnis bisa menjangkau calon pelangannya via online.

Biaya Promosi Lebih Hemat

Jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, biaya promosi secara digital lebih terjangkau. Tentu saja efisiensi ini menjadi fokus penting bagi usaha kecil yang memiliki sumber daya terbatas. Selain bisa berhemat, pemasaran digital juga membantu pebisnis untuk menghasilkan penjualan dan mendapatkan konsumen baru.

Bisa Berkompetisi dengan Perusahaan Besar

Sebelum trend digital marketing bermunculan, bersaing dengan perusahaan besar adalah tindakan yang sia-sia bagi usaha kecil. Tapi, sekarang bisnis UKM tidak hanya dapat menyetarakan diri dengan perusahaan ternama, melainkan bisa berkompetisi secara head to head dengan strategi digital marketing yang tepat.

Mempersiapkan UKM di Era Internet of Things

Menurut laporan dari berbagai sumber, diperkirakan akan ada 26 miliar gadget, mulai dari smartphone, tablet, kaca mata, jam tangan dan perangkat lainnya yang terkoneksi dengan ekosistem online secara global di tahun 2020 mendatang. Hal tersebut akan membantu era baru, yakni Internet of Things. Melihat kemungkinan itu, tentu para pebisnis UKM tidak boleh hanya berdiam diri dan mengikuti arus yang ada.

Tidak sedikit dari pelaku bisnis UKM yang menilai internet marketing sangat rumit. Padahal, sebenarnya lebih mudah dan memberi manfaat yang jauh lebih besar bagi mereka.