Bisnis online di tahun 2017 sedang mengalami masa kejayaannya. Banyak pemilik online shop yang mendulang keuntungan di tahun tersebut. Tak heran jika kemudian banyak orang yang juga ingin terjun di bisnis online ini. Ini artinya, di tahun 2018 akan semakin sengit persaingan yang terjadi. Nah, jika Anda juga tertarik ingin mendulang rezeki di bisnis ini, gunakan trik berikut ini agar memenangkan persaingan di tahun 2018.

  1. Ikut Komunitas Penjual

Selain berjualan, Anda juga perlu untuk bergabung dengan komunitas penjual. Sebab, melalui forum ini, Anda bisa bertukar pengalaman dengan penjual yang sudah senior, termasuk cara menghadapi lesunya penjualan. Tidak hanya itu, biasanya melalui forum ini Anda akan menemukan jaringan pemasaran lebih luas lagi.

  1. Gunakan Sistem Pre Order

Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa mendapatkan bayaran di awal. Ini artinya, Anda bisa menggunakan dana ini untuk membeli barang yang dibutuhkan, kemudian menerapkan strategi pemasaran selanjutnya. Sistem ini sangat menguntungkan bagi Anda yang mempunyai modal minim dalam memulai usaha.

  1. Menjual Produk yang Berbeda

Meskipun Anda menjual produk yang sudah banyak pesaingnya, Anda tetap masih bisa bersaing asalkan membuat tampilan produk menjadi lebih berbeda. Semaksimal mungkin, buatlah produk yang mempunyai nilai lebih di pandangan konsumen. Perbedaan ini bukan berarti Anda harus merogoh kantong lebih dalam untuk modal. Cukup dengan mengubah kemasan lebih menarik atau menyertakan label brand Anda, tampilan produk Anda akan tampak lebih elegan.

  1. Manfaatkan Website

Optimalkan penjualan produk Anda melalui website. Buatlah sebuah website yang menarik sebagai lapak Anda dalam menjual produk. Jika tidak mempunyai website pribadi, Anda bisa memanfaatkan e-commerce lain untuk menjajakan dagangan Anda.

  1. Lakukan Survei Pasar

Dari semua tips di atas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan survei pasar. Pastikan bahwa produk yang Anda jual memang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Meskipun sudah banyak orang yang menjual produk sama, tidak masalah. Yang terpenting, barang tersebut memang sangat dibutuhkan dan tidak akan lekang oleh waktu penggunaannya.