Saat ini, internet marketing sudah menjadi teknik paling populer bagi pelaku bisnis dalam mengembangkan usaha mereka. Adapun cara yang ideal untuk mencapai marketing yang tepat ialah dengan menggunakan bantuan tools untuk membantu kinerja marketing lebih baik. Seperti tools gratis yang membantu memaksimalkan kinerja internet marketing berikut ini :

1.             Google Trends

Google Trends merupakan produk terbaik yang dikeluarkan pihak Google. Pemilik website bisa menganalisa berbagai macam topik populer setiap hari, minggu, bulan atau setiap tahun sehingga menguntungkan pemilik website itu sendiri. Adapun hal yang paling diuntungkan dari Google Trends ialah para pemilik non media atau media yang websitenya sudah terdaftar dalam Google News.

2.             SimiliarWeb

SimiliarWeb bisa dikatakan sebagai tools yang membantu menganalisa jumlah visitor, sumber trafik, asal negara visitor, kata kunci, dan pageview. SimiliarWeb baru-baru ini menjadi lebih akurat, semenjak bisa diintegrasikan lewat Google Analytics.

3.             Keyword Planner

Keyword Planner tools untuk keyword search ini merupakan tools terbaik dari Google yang sudah digunakan oleh para pelaku bisnis digital. Terlebih lagi bagi para praktisi SEO yang ada di seluruh dunia yang turut memakai tools Keyword Planner ini.

4.             Ubersuggest

Ubersuggest mempunyai tujuan yang sama seperti tools-tools sebelumnya. Hanya saja sedikit berbeda, dimana tools ini sebenarnya lebih diarahkan untuk long tail keyword sehingga bisa membantu pelaku usaha digital untuk mengoptimalkan keyword atau kata kunci dengan tujuan menggaet pelanggan lebih banyak.

5.             Facebook Audience Insights

Facebook Audience Insights merupakan tools yang sangat powerfll apabila Anda ingin melakukan pengoptimalan target audience lewat facebook ads.

6.             Google PageSpeed Inshights

Merupakan tools online dari Google yang bisa memantau kinerja pada laman website owner. Tools yang satu ini bisa memantai kinerja laman sebuah website lewat desktop ataupun mobile. Selain itu, pengguna juga bisa langsung melihat file mana yang perlu dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja website menjadi lebih baik.

7.             SEMrush

SEMrush merupakan tools yang sudah familiar untuk para pelaku SEO. Pasalnya tools SEMrush ini tersedia untuk versi premiumnya maupun versi gratisnya. Tools yang satu ini menjadi tools powerfull untuk membedah SEO website.