Apa Yang Dimaksud Dengan Deep Web – Setelah menjelajah dalam mengenal The Onion Router (TOR) browser yang ternyata TOR juga dapat digunakan untuk mengunjungi Deep Web. Apa yang di maksud dengan Dep Web ?Apa Yang Di Maksud Dengan Deep Web

Deep Web adalah bagian terdalam dari internet atau ada sebagian orang yang menyebutnya dengan istilah Deepnet, DarkNet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web. Secara analogi internet dapat di ibaratkan seperti gunung es dalam lautan. Di mana jika dilihat hanya terlihat bagian atasnya saja, yang diibaratkan seperti google, yahoo, wikipedia, amazon, dan website lain yang biasa kita ketahui. Sedangkan dibagian bawahnya ternyata masih banyak lagi dan tidak bisa diakses oleh orang awam dan juga tidak bisa diakses dengan browser standar yang biasa kita gunakan.

Penamaan atau istilah-istilah tersebut diberikan bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan bahwa Deep Web adalah salah satu bagian dari internet, namun untuk mencari konten-konten yang ada di dalam Deep Web bukanlah perkara mudah. Agar bisa mengakses Deep web disinilah diperlukannya sebuah browser khusus, yaitu TOR Browser. Sebagian besar website deep web adalah web yang menggunakan domain .onion bukan .com.

Deep Web

 

Cara kerja TOR sama dengan web browser lainnya seperti Google Chrome, Firefox, Bing atau yahoo. Namun TOR memiliki kemampuan yang lebih baik dari browser yang ada terutama dalam hal mengakses informasi yang tidak dapat ditemukan melalui mesin pencari seperti Google, Bing atau yang lainnya.