Internet marketing atau pemasaran sebuah produk dan jasa melalui media internet merupakan startegi yang mulai banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Semakin pentingnya peran internet bagi kehidupan bersosial saat ini membuat internet mulai dikategorikan pada kebutuhan primer. Banyaknya orang yang menggunakan internet tentu saja menjadi ladang yang menguntungkan bagi pebisnis. Akan tetapi untuk mendapatkan keuntungan tersebut dibutuhkan aplikasi strategi internet marketing. Apa saja startegi tersebut.

Iklan Advertising

Aplikasi strategi pertama yang menggunakan internet marketing adalah dengan menyertakan situs website atau blog pada pihak ketiga. Pemasangan ads atau iklan ini banyak mendapatkan respon positif dari pengguna internet sehingga bisa memperbesar peluang mendapatkan keuntungan. Teknik pemasaran ini semakin banyak dilakukan karena dengan memanfaatkan ketenaran pihak ketiga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan menjanjikan.

Social Media Marketing

Seperti pada judulnya bahwa strategi internet marketing ini menggunakan media sosial sebagai media penghubung untuk memasarkan sebuah produk atau jasa. Beberapa media sosial yang sering digunakan adalah Facebook, Instagram, Path, dan Whatsapp. Bahkan strategi ini dianggap sebagai strategi paling jitu untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dari pengguna internet. Banyaknya orang yang menggunakan media sosial menjadi salah satu pertimbangan mengapa strategi ini mempunyai peluang berhasil yang tinggi.

Refferal Marketing

Strategi refferal marketing digunakan untuk mempengaruhi atau memberi arahan pada pengguna baru untuk ikut membeli atau menjual sebuah produk. Banyak yang mengatakan bahwa strategi ini layaknya sebuah penyakit flu yang dapat menular dan menjangkit siapapun yang berada di dekatnya. Langkah ini tentunya memperbesar peluang mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut. Caranya pun beragam mulai dari pamflet, tulisan, hingga gambar yang disebarkan di media sosial atau internet.

Viral Marketing

Strategi internet marketing ini juga banyak dilakukan oleh para pebisnis untuk menaikkan sebuah produk agar menjadi sebuah tren di kalangan pengguna internet. Tujuannya jelas dengan produk yang viral tentunya dapat meningkatkan kuantitas transaksi dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Umumnya cara ini menggunakan berbagai media komunikasi sebagai media share yang menghubungkan satu orang dengan orang lain.