App Store Optimization, Kata Kunci Untuk Mobile – App Store Optimization atau biasa dikenal dengan ASO ini adalah proses optimalisasi untuk perangkat mobile yang berfungsi sebagai rank di pencarian dalam sebuah toko aplikasi. Semakin tinggi rank aplikasi Anda maka semakin tinggi pula kemungkinan aplikasi Anda akan terlihat oleh para pengguna perangkat mobile.

Semakin sering aplikasi Anda di download maka aplikasi Anda bisa masuk ke dalam kategori aplikasi terpopuler. Semakin aplikasi Anda populer maka mungkin aplikasi Anda akan masuk di kategori top 10.

Melakukan proses pengoptimalisasian terhadap aplikasi mobile tidaklah mudah. Anda harus mengerti siapakah target pengguna dari aplikasi yang Anda buat, model trend apa saja yang sedang terjadi dan lain sebagainya. Semua deskripsi itu akan dijadikan satu menjadi kata kunci atau biasa dikenal dengan keyword. Kata kunci yang dibuat haruslah bisa menghasilkan daya tarik tinggi agar pencarian semakin mudah dilakukan oleh pengguna.

ASO hampir mirip dengan SEO, sama-sama menaikkan traffic pengunjung dengan kunci, bedanya hanya di platfrom saja.

Komponen Dasar ASO :

1. Judul
Kata kunci yang ditempatkan di judul harus memiliki makna agar banyak yang mengenalinya. Namun, jika Anda sering mengubah judul untuk aplikasi mobile yang Anda miliki, itu akan memberikan efek yang kurang baik. Kenapa? Karena judul biasa dikenal lewat mulut ke mulut. Jika Anda mengubah judul seenaknya, pencarian aplikasi pun akan semakin sulit. Lebih baik Anda luangkan waktu untuk memilih Judul yang baik agar tidak diubah di lain hari.

2. Deskripsi
Riset kata-kata yang sering digunakan oleh para pengguna mobile. Cara mudahnya adalah dengan menelaah kata kunci yang dimiliki oleh kompetitor. Deskripsi bisa dilakukan dengan memantau perkembangan tingkat kepopuleran kata kunci yang ada di dalam deskripsi Anda. Gunakan layanan tambahan seperti Google Adwords Tools yang berguna untuk memantau kata kunci yang Anda miliki dan memberikan saran kata kunci apa saja yang bisa memicu pengguna mencarinya.

75% pengguna mengunduh aplikasi dari top chart tanpa mendengar tentang aplikasi tersebut. Artinya jika aplikasi Anda sudah ada di daftar top chart maka pengguna tidak akan ragu untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Semoga bermanfaat! 🙂