Arti Tanda Ikon Pada Saat Browser – Browsing menjadi makanan sehari-hari bagi para internet marketing ataupun bloger, dengan browsing maka akan di ketahui tingkat perkembangan website yang sedang di optimalisasikan. Pada saat browsing sering kita jumpai ikon yang terdapat pada bagian kiri url, sebenarnya apa arti  dari ikon tersebut ?

Ikon atau bisa di sebut juga simbol adalah sebuah tampilan sebagai wujud dari suatu objek yang terdapat dalam sistem operasi atau aplikasi. Ikon sering ditempatkan di sebuah bilah alat (toolbar) yang bisa dijalankan fungsinya oleh pengguna dalam program itu dengan mengeklik ikon tersebut.

Ada beberapa jenis Ikon yang sering kita jumpai, arti tanda ikon pada saat browser tersebut memiliki makna dalam setiap kasus yang di temukan. Berikut adalah arti dari setiap ikon dan cara menangani masalah.

Informasi identitas situs

Ikon ini menandakan apakah situs anda menggunakan sertifikat TLS (Transport Layer Security) atau SSL (Secure Sockets Layer) hal tersebut untuk membuktikan kalau situs yang di maksud adalah situs yang diklaim pada Chrome. Dari sini kita dapat mengetahui apakah situs tersebut asli atau tidak dengan memiliki sertifikat TLS/SSL yang valid. Sedangkan sertifikat yang tidak valid bisa berarti seseorang sedang berusaha mengotak-atik sambungan Anda ke situs.

1. Ikon kunci berwarna hijau
Sertifikat situs valid dan identitasnya telah diverifikasi oleh pihak ketiga tepercaya.

2. Ikon tanda seru berwarna oranye
Situs ini belum memberikan sertifikat pada browser. Hal ini wajar untuk situs HTTP reguler karena sertifikat biasanya hanya diberikan apabila situs menggunakan SSL. Lihat bilah alamat untuk ikon laman web Blank page icon.

3. Ikon kunci dengan segitiga peringatan berwarna kuning
Google Chrome dapat melihat sertifikat situs, namun situs tersebut menggunakan penyiapan keamanan yang lemah (tanda tangan SHA-1), sehingga sambungan Anda mungkin bukan sambungan pribadi.

4. Ikon kunci berwarna merah
Google Chrome mengetahui ada masalah dengan sertifikat situs. Lanjutkan dengan hati-hati, karena seseorang di jaringan Anda (seperti seseorang yang berbagi sambungan Wi-Fi Anda) mungkin bermain-main dengan situs web. Jika Anda mengungkapkan informasi apa pun pada situs web, orang di jaringan mungkin dapat membacanya.

Informasi sambungan

Ikon ini akan memberituhukan apakah Chrome memiliki sambungan yang aman dengan situs yang di buka atau tidak.

1. Ikon kunci berwarna hijau
Google Chrome membuat sambungan aman dengan situs yang Anda lihat.

2. Ikon tanda seru berwarna oranye
Sambungan Anda ke situs tidak dienkripsi. Hal ini wajar untuk situs HTTP reguler. Carilah bilah alamat untuk ikon laman web Blank page icon.

3. Ikon kunci dengan segitiga peringatan berwarna kuning
Sambungan ke situs dienkripsi, namun Google Chrome menemukan sesuatu di laman yang mungkin merupakan iklan atau gambar yang tidak diinginkan. Sebaiknya jangan memasukkan informasi pribadi di laman ini.

4. Ikon kunci berwarna merah
Sambungan ke situs dienkripsi, namun Google Chrome mendeteksi skrip campuran. Skrip campuran adalah di mana laman yang disajikan melalui HTTPS memuat konten melalui HTTP. Skrip campuran dapat memberikan celah bagi seseorang untuk mengambil alih laman.