Salah satu media bisnis online yang digunakan untuk mempromosikan brand dan juga produk adalah media sosial. Media sosial memang bisa menyamakan permainan antara perusahaan yang sudah besar dengan start up, antara selebriti maupun influencer untuk saling berebut pengaruh dan perhatian dari para pengikut akun media sosialnya. Lalu apa yang bisa membedakan antara satu brand dengan brand lainnya agar bisa tampil unggul dan mendapatkan engagement yang tinggi dari para pengikutnya? Berikut adalah aturan dasar media sosial  wajib Anda ikuti apapun media sosial yang Anda gunakan.

Membuat konten yang berkualitas

Menurut Mari Smith, penulis dari buku “The New Relationship Marketing: How to Build a Large, Loyal, Profitable Network Using the Social Web” konten yang berkualitas adalah menggabungkan antara konten hasil pemikiran sendiri dengan konten orang lain. Misalnya membahas mengenai topik tertentu, jangan ragu untuk membawa isi konten orang lain untuk dimasukkan ke dalam konten Anda namun ditambah dengan opini hasil pemikiran Anda sendiri. Kualitas memang lebih diutamakan dibandingkan dengan kuantitas namun Anda bisa mencontoh dari apa yang dilakukan oleh Guy Kawasaki seorang entrepreneur dan penulis yang mengulang setiap post Twitter-nya sebanyak 4 kali untuk disesuaikan dengan zona waktu yang ada.

Loyal dengan memberikan respon

Keuntungan menggunakan media sosial sebagai media pemasaran adalah brand bisa berinteraksi langsung dengan konsumennya dan sebaliknya. Balasan tweet, komentar, pertanyaan yang diberikan respon oleh pengelola akun media sosial akan membuat leads Anda lebih loyal dengan brand Anda. Untuk loyal memberikan respon memang memakan banyak waktu namun manfaatnya akan lebih permanen dan dalam jangka panjang.

Gunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis dan sebaliknya

Antara media sosial dengan pengembangan bisnis sebaiknya terjadi hubungan dua arah. Gunakan media sosial untuk memasarkan produk dan brand Anda, dan gunakan produk Anda untuk meningkatkan visibilitas media sosial yang Anda gunakan. Makin tinggi visibilitas media sosial Anda makin banyak pengikut akun medsos Anda, dan makin banyak pula yang mengetahui mengenai produk dan brand Anda.