Biasanya orang-orang yang mencari pekerjaan akan berubah menjadi munafik untuk mengincar perusahaan yang mereka inginkan. Mereka yang mencari pekerjaan di perusahaan akan berusaha tampil semenarik mungkin agar perusahaan atau orang yang meng-interview tertarik dan meloloskan untuk menjadi karyawannya. Sebenarnya cara apapun tidak masalah, tetapi jangan terlalu nyeleneh atau memalsukan data. Untuk referensi Anda, berikut ini Beberapa Hal yang Membuat Perusahaan Menolak Lamaran Kerja Anda.

Personality Aneh

Pernah ada pelamar pekerjaan berbuat nyeleneh ketika interview melalui telepon kepada seorang konsultan. Pelamar tersebut mengajak becanda yang tidak lucu, pelamar tersebut berkata “Saya ingin mengajakmu menikah” di akhir pembicaraan. Karena saat merekrut tidak main-main langsung saja konsultan tersebut spontan menjawab “Maaf, di sini bukan biro jodoh, bagian HRD bukan bagian untuk konsultasi jodoh, tetapi di sini penentuan untuk penempatan posisi kerja”. Lalu si pelamar tersebut dengan bodohnya menjawab “Oh, saya pikir Anda manajer”.

Resume Tidak Pantas

Pernah ada pelamar membuat resume menggunakan bahasa yang tidak sopan, bahasa yang digunakan yaitu bahasa sehari-hari seperti “lo gue”. Selain itu desain resume yang dibuat tidak seperti resume pada umumnya, yaitu dimasukkan ke dalam amplop yang dihias dengan rupa yang hampir seperti diary anak sekolahan. Hal ini tentu saja mengejutkan pihak perusahaan, apalagi ada kata-kata genit seperti bujukan atau merayu pihak perusahaan, tentu saja tidak sejalan dengan formalitas perusahaan. Jangan harap Anda akan diterima dengan resume seperti itu, yang ada Anda akan terkena blacklist.

Tidak Ramah

Banyak pelamar pekerjaan yang gagal saat interview karena kesalahan kecil yang dibuatnya. Kesalahan tersebut bisa berupa salam jumpa pertama kali dengan pihak perekrut. Hal ini pernah dialami salah satu HRD sebuah perusahaan yaitu ketika bersalaman si pelamar pekerjaan menjabat tangan HRD dengan kasar. Tentu saja dari sini Anda akan dianggap orang yang tidak ramah dan masih banyak faktor tidak ramah lainnya yang mungkin Anda sudah tau.

Berdusta

Seperti di awal kalimat di atas tadi, orang-orang yang melamar pekerjaan biasanya akan menjadi munafik, tidak menjadi dirinya sendiri. Banyak jalan pintas yang mereka akan anggap pantas yang sebenarnya malah menipu diri mereka sendiri. Ada saatnya perusahaan akan memberikan pekerjaan sesuai dengan apa yang Anda bilang berdasarkan resume yang Anda buat. Jadi, siap-siap saja bagi Anda yang tidak punya skill, tetapi mengaku punya, rasakan beban yang diberikan tersebut, karena perusahaan punya interpretasi Anda sungguh-sungguh memiliki skill yang dibilang dalam resume.

Cari Muka

Anda pasti pernah mendengar istilah “keep in touch” dari pihak HRD suatu perusahaan. Maksud dari istilah tersebut memerintahkan Anda supaya bersabar menunggu kepastian apakah Anda diterima atau tidak untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dengan adanya istilah tersebut bukan berarti Anda sok kenal atau sok dekat dengan HRD yang akan merekrut Anda. Jika Anda terlalu berlebihan mendekatkan diri kepada pihak HRD perekrut, siap-siap saja Anda menjadi calon gagal diterima.

Kurang Peduli

Hal kecil ini biasanya diabaikan oleh para pelamar pekerjaan, karena mereka merasa dirinya dapat dengan mudah diterima di perusahaan tersebut. Salah satu hal kecil tersebut yaitu membuat dokumen yang isinya kurang beberapa poin yang sebenarnya penting, tetapi dianggap sepele. Dari sini Anda akan diketahui perusahaan bahwa Anda adalah orang yang kurang peduli atau kurang teliti. Jadi, jangan anggap sepele hal sekecil apapun di perusahaan manapun.

Anda bisa mengubah semua hal di atas jika memang Anda benar-benar berniat ingin kerja di sebuah perusahaan. Namun, Anda bisa mengabaikannya jika memang Anda punya cara sendiri. Semoga informasi tentang Beberapa Hal yang Membuat Perusahaan Menolak Lamaran Kerja Anda bermanfaat untuk Anda.