Memanfaatkan teknologi merupakan salah satu cara memperoleh peluang baru di dunia usaha. Beberapa produk teknologi seperti teknologi komputer dan internet memiliki dampak besar dalam kehidupan manusia. Kini penggunaan perangkat smartphone dan kemudahan mengakses jaringan internet telah mengubah cara hidup kebanyakan manusia. Pada sisi yang lain; muncul pula peluang – peluang baru di dunia bisnis berkat keterlibatan teknologi sebagai media ataupun sebagai bagian dari produk yang diperdagangkan. Internet marketing merupakan salah satu peluang yang muncul berkat penggunaan teknologi internet dalam berbagai aspek kehidupan terutama perdagangan. Banyaknya pengguna internet dan keterlibatan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari – hari membuat internet menjadi sebuah media baru untuk memasarkan produk maupun jasa.

Internet marketing dapat menjadi pilihan untuk memanfaatkan internet sebagai media mendapatkan penghasilan. Ada beberapa metode internet marketing yang dapat dijadikan pilihan ketika ingin memulai aktivitas tersebut. Salah satu pilihan praktek internet marketing yang cukup sederhana dan minim modal adalah bergabung ke dalam kelompok affiliate marketer. Praktek menjadi affiliate marketer cukup dengan melakukan aktivitas mempromosikan produk atau jasa pihak lain dengan memanfaatkan situs atau blog yang dikelola. Semakin tinggi trafik yang dimiliki maka akan ada peluang yang makin besar untuk mendapatkan penghasilan. Mekanisme pay per click atau memperoleh pembayaran ketika ada pengunjung situs yang dipromosikan yang mengakses dari iklan yang melekat di blog atau situs pribadi merupakan salah satu pilihan dalam praktek affiliate marketer.

Menjadi marketer atau pemasar yang sesungguhnya merupakan pilihan lain dari praktek internet marketing. Ada banyak media di dunia maya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran; mulai dari situs tau blog pribadi hingga memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter ataupun Instagram. Internet marketer tidak harus memiliki produk sendiri; praktek ini dapat dilakukan dengan kerja sama bersama pemilik produk atau penyedia jasa. Praktek internet marketing lain dapat dilakukan dengan memiliki produk milik sendiri atau menjual jasa yang dilayani sendiri. Pelaku bisnis berbasis rumah tangga dapat melakukan praktek internet marketing untuk menaikkan penjualan. Sedangkan pemilik ketrampilan tertentu seperti fotografi atau desain juga dapat memanfaatkan internet sebagai media menjual jasa berupa ketrampilan yang dimiliki.