Beberapa Tipe Konsumen Online – Belanja online sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan kebanyakan orang lebih memilih belanja online karena alasan malas pergi ke tokonya secara langsung. Bahkan sekarang situs belanja online sudah banyak tersedia. Tentunya dengan penawaran menarik dan bahkan ada juga yang menawarkan biaya pengiriman gratis dengan minimum pembelanjaan Rp 120.000.

Dengan adanya teknologi internet yang menghadirkan berbagai situs belanja online ini, ternyata bisa membentuk karakter konsumen dalam hal belanja. Konsumen yang pada awalnya belanja offline di mall atau pasar, kini beralih belanja online di berbagai situs jual beli online atau yang biasa disebut e-commerce.

Para konsumen yang berbelanja online ini ternyata memiliki beberapa tipe. Dibawah ini adalah beberapa tipe konsumen online. Silahkan disimak teman-teman 😉

1. Tipe Pemburu Diskon

Tipe yang pertama ini pasti sudah tidak heran lagi, karena memang pada dasarnya setiap orang suka sekali jika mendapatkan potongan harga. Tipe pemburu diskon ini akan sangat serius jika mencari barang diskon. Bahkan ia selalu update promo dengan mengikuti info promo di media sosial seperti instagram, facebook dan twitter. Dan faktanya dari beberapa orang tersebut tidak terlalu memperdulikan kualitas barang. Yang ia pikirkan adalah barang dengan promo besar yang harganya menjadi murah. Tipe ini biasanya tidak mau membeli barang tanpa adanya diskon.

2. Tipe Seeker

Tipe seeker ini adalah tipe konsumen yang selalu membandingkan produk dari toko online A dengan beberapa toko online lainnya. Bagi kalian para penjual online, jika kalian ingin mendapatkan perhatian dari tipe konsumen seeker ini kalian harus mengupayakan supaya online shop kalian berada di urutan nomor satu pada mesin pencari. Caranya dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Dengan begitu, toko online kalian akan dengan mudah ditemukan para konsumen online tipe seeker.

3. Tipe Periset

Tipe periset ini hampir mirip dengan tipe konsumen seeker. Yang membedakan yaitu ia belum terlalu paham mengenai spesifikasi produk yang sedang mereka cari. Jadi ia akan membaca dengan teliti spesifikasi suatu produk. Maka, para penjual online sebaiknya memberikan keterangan lengkap mengenai spesifikasi produk tersebut.

4. Tipe Window Shopper

Nah, tipe terakhir adalah tipe window shopper. Tipe ini hanya sekedar melihat-lihat saja tanpa ada niatan untuk membeli produk. Cara untuk membuat tipe window shopper ini tertarik untuk membeli yaitu dengan membuat tampilan halaman utama situs online shop menarik.

Itulah beberapa tipe konsumen online. Ini akan membantu kalian untuk lebih memahami berbagai konsumen online dengan berbagai tipe. Tangani konsumenmu dengan tepat supaya mereka tidak kecewa dan akan meningkatkan angka penjualan produkmu.