SMM (Sosial Media Marketing) merupakan strategi internet marketing atau pemasaran menggunakan internet yang lebih dikhususkan pada peran media sosial dalam mempromosikan suatu produk atau jasa. Sampai saat ini hampir seluruh rakyat Indonesia memiliki smartphone yang di dalamnya terdapat satu akun media sosial. Bisa dari facebook, whatsapp, twitter, youtube, dan masih banyak lagi media sosial lainnya. Banyak masyarakat yang menggunakan media sosial tentu saja menarik minat pebisnis untuk menggunakannya sebagai media promosi produk. Dengan banyaknya akses dalam setiap harinya bisa dibilang bahwa media sosial menjadi pasar online terbesar saat ini. Dengan demikian akan memperbesar peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar di setiap transaksi produknya.

Keuntungan Menggunakan Strategi SMM

Banyak keuntungan menggunakan strategi SMM ini untuk promosi sebuah produk. Media sosial dianggap sebagai media paling praktis, mudah, dan efisien dalam mempromosikan sebuah produk. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga murah karena untuk membuat halaman produk atau media promosi tidak dipungut biaya. Hanya saja pebisnis dituntut untuk selalu aktif dalam bermedia sosial dan mengambil setiap kesempatan yang dirasa dapat mendatangkan keuntungan.

Keuntungan berikutnya diperoleh dari banyaknya pengguna media sosial sehingga daya jangkau promosi sangat luas tentunya dengan biaya yang murah. Apalagi masyarakat juga akan dimanjakan dengan tidak perlu repot membuka website untuk membeli produknya. Oleh karena itulah dalam praktiknya, strategi ini menjadi cara yang tepat dalam dunia internet marketing untuk mendapatkan keuntungan yang besar. 

Konsep dan Tujuan SMM

Keperluan yang paling penting untuk disiapkan adalah konsep dan tujuan strategi SMM. Mulai dari kesiapan produk hingga sasaran bisnis untuk siapa juga penting untuk dibahas sebelum menggunakan strategi ini. Gunakan media sosial yang dirasa mudah untuk digunakan dan sesuai dengan sasaran. Contohnya menggunakan media facebook untuk sasaran global baik tua maupun muda karena facebook lebih mudah digunakan bagi masyarakat di berbagai umur. Sedangkan untuk ranah anak muda maka banyak yang lebih menggunakan instagram, youtube, dan twitter dalam bermedia sosial maka akan lebih baik untuk mempromosikan produk pada media sosial tersebut. Tak kalah penting adalah konsep transaksi dan produk serta tujuan penjualan harus jelas dan tertata rapi.