Di era modern ini, praktek bisnis semakin mudah dilakukan. Salah satunya adalah bisnis online. Bisnis yang satu ini dapat dilakukan oleh hampir semua orang. Para ibu rumah tangga, karyawan, dan mahasiswa dapat menikmati penghasilan tambahan dari bisnis ini. Pada dasarnya, bisnis online terfokus pada jual beli barang. Namun, ada juga bisnis kreatif dan jasa tertentu yang dapat dilakukan via online. Bisnis ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang professional di bidangnya.

Reseller online

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis online, anda dapat memulainya dengan menjadi reseller online. Bisnis online yang satu ini tidak memerlukan modal besar. Anda hanya harus memiliki smartphone, akun sosial media, dan tentu kuota data. Sebagai seorang online reseller, anda harus memiliki banyak teman di sosial media maupun di kehidupan nyata. Selain itu, anda juga harus pandai mempromosikan produk lewat sosial media. Untuk membuat orang semakin tertarik dengan produk yang anda jual, anda dapat memposting testimoni para pembeli. Sehingga, orang lain tahu bahwa produk dan layanan anda berkualitas.

Jika anda tertarik degan bisnis online ini, anda harus melakukan beberapa pertimbangan terlebih dahulu. Beberapa diantaranya adalah produk, perusahaan, dan kepopuleran brand. Agar usaha lancar, pastikan produsen menyediakan produk berkualitas dan menyediakan support service yang memuaskan.

Affiliate marketing

Jika anda tidak suka menjadi reseller online, anda dapat menjadi affiliate marketing. Bisnis online yang satu ini juga tidak membutuhkan modal. Sebagai affiliate marketing, anda harus mempromosikan produk orang lain. Jika anda berhasil menjual sebuah produk, anda akan memperoleh komisi. Bisnis ini sebenarnya mirip dengan menjadi reseller. Namun, dalam bisnis ini, anda akan terfokus pada konten marketing melaui blog atau media lain.

Saat anda menjadi affiliate marketing, anda akan mendapatkan affiliate ID dari pemilik produk. Setelah itu, anda juga memperoleh link website produk. Untuk menggiring orang mengunjungi web tersebut, anda harus membuat artikel blog yang menarik, bermanfaat, dan informatif. Di dalam artikel tersebut, anda harus menyertakan link yang telah diberikan oleh pemilik produk.