Bisnis Online Vs Bisnis Offline – Sudah menjamur sebuah bisnis mulai dari bisnis kecil-kecilan hingga kelas kakap sudah banyak yang menggunakan sistem bisnis online. Sebelum menjamurnya bisnis online, setiap pengusaha atau pedagang menjalankan bisnisnya secara offline.

Perbedaan nya sudah sangat jelas, jika bisnis offline tentu mempunyai sebuah toko, kantor atau tempat usaha yang aktif namun dengan bisnis online, sebuah toko taau tempat usaha tidak di perlukan.

Bisnis Online Vs Bisnis Offline

Mana yang lebih menguntungkan antara bisnis online atau bisnis offline. Kedua nya sangat menguntungkan, karena memiliki kelebihan dan kekurangan maisng-masing. Berikut adalah perbedaan bisnis online Vs bisnis offline dalam sistem marketing :

Bisnis online

1. Waktu fleksibel
2. Modla lebih sedikit di keluarkankarena tidak di haruskan menyetok smeua barang dagangan. Modal yang harus dikeluarkan adalah biaya hosting, domain, listrik, menyewa jasa desain web, paket internet setiap bulan, dan lain sebagainya
3. Tidak harus memiliki tempat yang luasm
4. Pemasaran dapat mencapai berbagai macam ruang lingkup dan dapat menyeluruh
5. Hemat karyawan

Bisnis offline

1. Waktu terkadang mengikat, tetapi jika anda seorang pemilik maka dapat mengatur waktunya sendiri
2. Biaya dan modal relatif lebih besar, seperti perlu biaya untuk tempat, beberapa aksesoris, biaya untuk memborong pakaian dan baju, perizinan, dan lain sebagainya. Kamu bisa membayangkan sendiri banyaknya biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal.
3. Harus memiliki tempat yang luas untuk menyimpan semua produk- produk
4. Pemasaran hanya dalam satu ruang lingkup
5. Butuh karyawan

Setelah melihat beberapa perbedaan antara bisnis online vs bisnis offline, dapat di simpulkan bahwa lebih fleksibel dan mendapatkan banyak peluang target market dengan menggunakan bisnis online.

Menjalani bisnis online ataupun bisnis offline sama-sama menguntungkan dengan sistem pemasaran masing-masing. Pilihlah mana yang tepat dengan bidang yang anda miliki, jika ragu anda dapat meningkatkan skill anda dengan kursus internet marketing.