Internet marketing merupakan salah satu ujung tombak utama bagi kemajuan bisnis online Anda. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk mendongkrak pemasukan bisnis yang sedang Anda geluti. Tanpa adanya internet marketing, jalannya laju usaha menjadi lebih tersendat. Pada dasarnya, ada beberapa cabang dari internet marketing yang saat ini paling populer digunakan pebisnis online. Anda juga bisa menggunakan salah satunya untuk pengembangan bisnis online Anda. Berikut ini beberapa cabang internet marketing tersebut.

  1. Website

Bisnis online yang sedang Anda jalankan dapat dipromosikan melalui sebuah website. Website ini dapat berupa blog, website builder, atau yang lain. Agar konsumen yang terjaring lebih banyak lagi, biasanya pebisnis menerapkan website SEO. Dengan begitu, website mereka lebih mudah terendus pengguna internet dan tampil di halaman pertama mesin pencarian.

  1. Marketplace

Cabang internet marketing selanjutnya adalah marketplace. Di tempat ini, pebisnis online dapat mempromosikan dagangannya dengan berbagai cara, seperti seller, reseller, dropshipping, affiliate marketing, dan lainnya.

  1. Sosial Media

Sosial media juga tidak luput dari sasaran internet marketing. Pengguna sosmed yang saat ini semakin meningkat membuat para pebisnis mengincar media ini untuk berpromosi. Beberapa sosial media yang biasanya digunakan untuk berpromosi antara lain, Instagram, Facebook, Line, Pinterest, dan sebagainya.

  1. Advertisers

Pebisnis online juga memanfaatkan advertisers untuk mengembangkan usaha mereka. Terlebih, saat ini sudah banyak layanan semacam ini yang dapat diperoleh secara gratis, seperti Adsense, FB Ads, Adword, dan masih banyak lagi.

  1. Email Marketing

Inilah internet marketing yang paling baru dan mulai banyak digemari para pebisnis online. Sistem dari internet marketing ini lebih pada pengiriman email kepada para pelanggan potensial mereka. Isi email bisa berupa daftar produk terbaru, informasi terkait produk, atau informasi lain yang tentunya sangat penting untuk diketahui konsumen sehingga tertarik untuk selalu menggunakan produk mereka.

Hingga saat ini, kelima cabang marketing di ataslah yang paling sering digunakan pebisnis online. Lalu, bagaimana dengan Anda? Mana yang Anda pilih sebagai internet marketing bisnis Anda?