Usaha apa pun harus dijalankan dengan strategi bisnis yang tepat, salah satunya usaha cuci mobil dan motor, agar selalu banyak pengunjung yang datang. Banyak strategi agar usaha cuci motor dan mobil tidak pernah sepi pengunjung. Berikut ini beberapa cara umum yang bisa kalian ikuti sebagai pengusaha steam motor dan mobil.

Lokasi Strategis

Faktor penting yang mendukung lancarnya usaha cuci mobil dan motor yaitu salah satunya adalah lokasi yang strategis. Jangan pernah berpikir membuka usaha di tempat yang jarang saingannya, karena itu akan membuat kita mencari lokasi yang sepi yang memungkinkan tidak adanya pelanggan yang mau mencuci motor atau mobil di tempat kita atau tidak ada yang lewat sama sekali di daerah tersebut. Carilah sebuah tempat yang sering dilewati motor maupun mobil, biarkan saja ada saingan di dekat kita, jika memang rezeki pasti akan ada pelanggan yang mau mampir ke tempat kita, apalagi jika tempat saingan kita penuh begitu juga sebaliknya.

Promosi dengan Menarik

Usaha apapun jika tidak pernah dipromosikan akan terasa percuma dijalankan. Kita rasakan sendiri kan hampir semua produk yang kita beli itu adalah hasil dari promosi. Kenapa kita membeli produk itu padahal terkadang kita tidak menggunakannya ? Itu karena penjual produk tersebut mempromosikan produknya dengan baik dan menarik. Nah, motor dan mobil itu biasanya berhubungan dengan otomotif, biasanya penjual motor di event-event tertentu pasti gencar sekali mempromosikan produknya, ada yang membayar model atau SPG cantik nan seksi yang bisa menarik perhatian para pecinta otomotif. Dari situ kita bisa meniru gaya penjual produk tersebut, kita bayar saja model atau SPG cantik untuk menarik perhatian orang-orang kepada tempat cuci motor dan mobil kita atau bisa dengan cara lain yang menghemat pengeluaran untuk promosi yang menarik.

Komunikasi yang Menarik

Lakukan pendekatan kepada orang-orang di sekitar tempat kita usaha. Biasanya ada sebuah warung makan yang ramai dikunjungi oleh orang-orang sekitar daerah tersebut, cobalah kita ajak mengobrol dengan menyelipkan sedikit promosi usaha kita kepada orang-orang tersebut.

Sediakan Tempat Tunggu yang Nyaman

Ketika kita sudah mempunyai pelanggan, jangan sampai membuat mereka jenuh atau tidak nyaman, karena menunggu terlalu lama atau tempat yang kita punya suasananya tidak menyenangkan. Sebisa mungkin aturlah agar tempat usaha cuci mobil dan motor kita nyaman, tidak perlu mewah yang penting pelanggan nyaman. Sediakanlah makanan kecil dan minuman ringan agar pelanggan yang menunggu dapat menikmatinya, kita bisa menjualnya atau memberikan gratisan. Sediakan juga hiburan atau buku yang bisa dibaca, jika kita punya teman suruh teman kita ajak mengobrol atau kita sendiri yang ajak mengobrol.

Jaminan Kualitas Mencuci

Menjalankan usaha jangan setengah-setengah kualitasnya, kita harus memberikan pelayanan semaksimal mungkin. Suatu saat pelanggan mungkin saja akan datang kembali lagi jika kualitas dari pelayanan yang kita berikan memuaskan mereka. Jadi, kita harus melatih diri atau staff kita agar melayani pelanggan untuk mencuci kendaraan mereka sebersih mungkin dan jangan sampai hasilnya mengecewakan mereka.

Itulah yang dapat Saya sampaikan mengenai Cara Agar Usaha Cuci Kendaraan Banyak Pengunjung. Cara ini Saya dapatkan dari tips yang diberikan kampung wirausaha. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian.