Dalam menjalankan bisnis atau usaha tidak cukup hanya dengan menyediakan produk yang berkualitas saja. Kita sebagai pengusaha perlu berinteraksi dengan pelanggan, misalnya seperti berkomunikasi. Jangan sampai ketika pelanggan memasuki wilayah usaha kita, mereka malah diabaikan, apalagi ketika mereka terlihat bingung mencari barang, maka tugas kita yaitu menanyakan apa yang pelanggan cari. Untuk itu berikut ini beberapa cara baik menjaga komunikasi dengan pelanggan agar mereka nyaman.

Pelanggan adalah Teman

Sebuah produk tidak akan pernah terjual jika tidak ada pelanggan, maka kita harus mencari pelanggan sebanyak-banyaknya agar produk banyak yang terjual. Namun, tidak semudah itu mendapatkan pelanggan agar mau membeli produk yang kita jual. Jadi, yang harus kita lakukan agar produk kita dapat terjual yaitu dengan membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar kita agar bisa menjadi pelanggan. Anggap saja pelanggan itu adalah teman kita. Jika mereka sudah menjadi teman, maka mereka tidak akan mungkin menolak apapun yang kita tawarkan, walaupun mereka hanya membeli satu dua kali saja.

Berikan Hal Bermanfaat

Sebagai pengusaha tidak hanya menjual produk saja, tetapi mencari teman yang selalu membutuhkan jasa kita. Terkadang pelanggan mempunyai masalah dan membutuhkan nasehat atau solusi, kita coba ajak bercakap hal-hal yang memberikan solusi yang bisa bermanfaat untuk mereka. Ketika momennya tepat membahas tentang sebuah produk yang berkaitan dengan produk kita, saat itulah kita tawarkan produk kita sebagai solusi untuk mereka.

Jangan Membuat Marah

Menjaga komunikasi dengan pelanggan memanglah tidak mudah, kita harus berusaha membuat suasana selalu nyaman. Jangan sekali-kali membicarakan hal yang tidak penting, apalagi membicarakan hal yang sampai membuat pelanggan kita marah. Satu pelanggan yang marah kepada kita akan sangat fatal sekali kepada harga diri kita dan usaha yang kita jalani.

Jangan Ingkar Janji

Ketika pelanggan meminta kepada kita agar meningkatkan kualitas pelayanan, lalu kita menyetujui permintaannya, berarti kita sudah berhutang atau berjanji kepadanya. Hal yang harus kita lakukan segera memperbaiki kualitas pelayanan yang telah dijanjikan kepada kita. Jangan menunda-nunda sampai pelanggan tersebut kembali lagi, ketika pelanggan itu kembali lagi dengan membawa teman untuk menjadi pelanggan baru kita dan kita belum memenuhi janji yang telah kita setujui kepada mereka, maka habislah riwayat kita.

Itulah artikel cara baik menjaga komunikasi dengan pelanggan Saya kutip sedikit dari UKM sukses. Semoga apa yang Saya sampaikan jelas dan bermanfaat.