Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Memilih Domain yang  SEO Friendly. Seperti yang kita semua ketahui di era digital seperti ini, domain telah menjadi hal yang umum diakses oleh semua orang. Domain adalah suatu nama unik yang dijadikan alamat suatu website, contohnya seperti “dumetschool.com”.

Domain berfungsi untuk mempermudah pemakai internet dalam mengakses suatu web. Ibaratnya domain ini seperti alamat rumah agar orang tidak tersesat. Pemilihan domain yang tepat sangat penting dalam pembuatan suatu website. Lalu apakah ada hubungannya antara pemilihan nama domain dengan SEO?

Tentu saja nama domain dengan SEO sangat erat kaitannya, karena penggunaan nama domain yang kurang tepat dan relevan akan sangat berpengaruh pada proses indexing dari search engine. Dengan memilih nama domain yang sesuai, berarti kita sudah memiliki peluang lebih besar untuk menaikan traffic website kita. Oleh karena  itu, sangat penting memilih nama domain yang SEO Friendly.

Berikut Cara Memilih Domain yang SEO Friendly:

  1. Usahakan jangan menggunakan tanda hubung atau tanda lain ketika memberi nama domain. Jadi jangan gunakan underscore (_) di nama domain, karena itu tidak termasuk SEO Friendly di mesin pencari.
  2. Nama domain harus singkat dan tidak terlalu panjang, agar mudah terindex oleh mesin pencari.
  3. Untuk website toko online, kalian bisa menjadikan keyword untuk dijadikan nama domain yang memuat barang yang akan kalian jual. Contohnya bajumuslim.com dan batikunik.com.
  4. Gunakan kata-kata yang lebih mudah diingat agar orang lebih mudah mengakses website kalian.
  5. Jangan gunakan angka pada nama domain, karena angka tidak dianggap SEO Friendly.
  6. Gunakan nama domain TLD atau Top Level Domain .com atau .net, ini karena kebanyakan orang yang mencari informasi di internet mereka berasumsi kalau website itu memakai domain .com
  7. Gunakanlah domain yang sudah berumur, karena google menganggap usia domain yang sudah lama terindex mempunyai nilai dan kualitas baik.

Nah, itulah Cara Memilih Domain yang  SEO Friendly, yang bisa kalian lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Terimakasih.  🙂