Bagi orang-orang yang mempunyai kemampuan khusus di bidang wirausaha banyak sekali peluang yang menawarkan mereka untuk bersaing di pasar, apalagi untuk memperluas bisnis. Namun, untuk mengembangkan peluang bisnis yang ada saat ini adalah tantangan yang sangat besar dan tidak mudah. Memang beberapa waktu lalu kalian menggunakan teknik perkembangan bisnis yang sama, tetapi kali ini kalian akan menggunakan beberapa teknik dengan ide-ide baru dan berbeda sesuai keadaan pasar saat ini yang mungkin bisa menumbuhkan beberapa pemikiran baru tentang cara memperluas bisnis.

Membeli Perusahaan Pesaing

Kita saat ini tidak tau pesaing kita mungkin sedang mengalami masa sulit, jadi cari tau keadaan pesaing kita saat ini. Jika pesaing kita memang berada pada masa sulit, coba kita ajak kerjasama atau kita tawari kepada mereka untuk menjual produknya atau menggabungkan produknya kepada kita. Kita bisa mencotoh tempat jual beli online seperti tokobagus ataupun berniaga, mereka sepertinya mengalami masa sulit, saat itu juga OLX hadir untuk menawari penggabungan produk mereka menjadi satu di OLX.

Memperluas Bisnis Dengan Industri Terkait

Memperluas bisnis yang ada saat ini dengan industri yang masih terkait akan membuat bisnis kita menjadi lebih berkembang. Kita bisa mencontoh agen travel dan asuransi perjalanan, industri tersebut masih terkait, dengan diadakan kerjasama, maka industri tersebut akan menjadi lebih luas. Namun, kerjasama tidak selamanya membuahkan hasil yang baik, lebih baik mengakuisisi, karena kita bisa bertindak semaunya, lebih murah dan resiko tidaklah besar.

Cabang Baru

Sebuah bisnis yang sudah terlihat perkembangannya sebaiknya dibuat lebih berkembang lagi dengan cara membuat cabang baru. Jika saat ini bisnis yang kita jalani masih pada satu daerah saja akan lebih baik membuka cabang di daerah lain atau memperluas area layanan. Membuka cabang baru akan lebih ekonomis daripada memulai bisnis baru dari awal.

Dengan membuka cabang di daerah baru, bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan pelanggan baru. Keuntungan dari hal ini dapat meningkatkan keuntungan lebih dari sebelum mempunyai cabang baru. Membuka cabang baru tidak selamanya merugikan, justru malah menguntungkan, tetapi itu harus dilakukan jika memang ada peluang.

Mulai Memperluas Bisnis

Bermimpi dan merencanakan sesuatu dengan matang merupakan salah satu kunci untuk mulai memperluas bisnis. Rencanakan jenis bisnis apa yang akan kita jalani, dengan siapa kita akan bekerjasama dan apakah bisnis kita bisa dikaitkan dengan jenis bisnis lain. Selain itu kita harus memilih daerah mana yang tepat dipilih untuk membuka cabang baru.

Setelah kita mengenali beberapa cara untuk melakukan perluasan bisnis, lakukan penyelidikan pasar untuk mempelajari peluang dan resiko untuk memperluas bisnis. Misalnya, saat akan membuka cabang baru di daerah lain, kita mungkin akan mengunjungi daerah tersebut dan menanyakan pelanggan potensial tentang ketertarikan melakukan bisnis dengan kita.

Itulah beberapa strategi memperluas pemasaran usaha, jika ada kesamaan dengan artikel website atau blog lain mohon maaf, karena tujuan Saya juga sama seperti pembuat artikel, ingin berbagi informasi yang bermanfaat kepada kalian.