Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberitahu Cara Menjalankan Bisnis Online Dengan Aman.

Ketika ingin menjalankan bisnis, misalnya bisnis online, kita harus memikirkan tentang masa depan dari bisnis tersebut. Sebaiknya juga kita perhatikan keamanan dan cadangan dari bisnis tersebut. Bisnis online rentan terhadap serangan seperti di-hack, tetapi ada juga cara amannya agar tidak mudah terkena serangan. Berikut ini Cara Menjalankan Bisnis Online Dengan Aman.

Membuat Website Berumur Tua

Hal yang harus kita lakukan terlebih dahulu dalam mengelola website bisa dengan mengisi konten pada website. Jika sudah banyak konten dan banyak dikunjungi visitor, maka kalian tinggal menunggu umur website tersebut menjadi tua, sama seperti anak yang lahir sampai menjadi dewasa. Setelah itu, kita bisa isi dengan berbagai macam produk di website yang kita punya. Hal ini akan lebih aman dibandingkan kalian membuat website yang langsung diisi produk yang dijual.

Membuat Website Lebih Dari Satu

Satu website sebenarnya boleh-boleh saja, tetapi lebih baik punya banyak website. Mempunyai banyak website akan lebih aman daripada hanya mempunyai satu website saja. Alasan harus punya website lebih dari satu, karena jika terjadi sesuatu pada website utama yang diandalkan tersebut, maka akan lumpuh sudah, apalagi jika website tersebut website bisnis online, pasti akan sangat merepotkan jika terjadi sesuatu seperti dihack misalnya. Namun, berbeda jika ada website cadangan dengan type atau isi yang sama.

Backlink

Sebenarnya tidak ada hubungannya website yang aman dengan backlink. Namun, kalian perlu tau website yang aman juga bisa karena backlink, karena jika backlink yang didapatkan pada website tidak berkualitas, website bisa menjadi turun peringkatnya atau menghilang. Tentu hal ini tidak menyenangkan, jika bisnis online dari website kita sedang laku keras, tiba-tiba link produk yang ada pada website tersebut menghilang dari mesin pencari.

Website Cadangan

Seperti yang saya bilang di atas tadi, punya banyak website itu justru lebih baik. Website cadangan yang kita punya kalau bisa dipromosikan bersama website utama. Tujuan adanya website cadangan bisa sebagai website pengganti, bisa juga sebagai website promosi untuk website utama.

Satu Website Satu Produk

Masih berhubungan dengan tulisan sebelumnya. Setiap satu website cadangan kita isi dengan satu produk saja, misalnya kita menjual pakaian bayi yang segmennya untuk ibu-ibu dan menjual terpal mobil yang segmennya bapak-bapak, produk tersebut terkadang tidak bisa digabung di satu website, harus dipisah satu website satu produk saja. Kecuali, jika website kalian merupakan website besar seperti Lazada, Tokopedia, dll.

Backup

Jangan lupa rutin secara berkala untuk backup konten setiap beberapa minggu sekali atau beberapa bulan sekali. Tujuannya jika terjadi sesuatu, maka kita bisa mengembalikan data dari hasil backup tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Menjalankan Bisnis Online Dengan Aman. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

referensi : creativestore24