Hallo kawan-kawan, kali ini saya mau memberitahu Cara Menjalankan Proses Rekrutmen yang Baik dan Efektif.

Hampir setiap hari dari perusahaan mana pun membutuhkan staff atau karyawan baru yang berkompeten. Perusahaan tentu tidak main-main untuk memilih staff yang berkualitas. Oleh karena itu, kita harus persiapkan diri sebaik mungkin agar kita dapat terpilih atau diterima di perusahaan tersebut. Berikut ini Cara Menjalankan Proses Rekrutmen yang Baik dan Efektif.

Profil Lengkap

Persiapkan CV yang deskriptif atau menggambarkan peran kalian dalam pekerjaan tersebut. Isi profil lengkap dan juga portofolio kalian yang sebenarnya.

Istirahat

Ketika ingin menjalani interview, istirahat lah atau jangan melakukan hal berat sebelum kalian interview.

Pakaian yang Tepat

Saat melakukan interview, gunakan pakaian yang rapi dan bersih, tidak terlalu mencolok atau tidak terlalu banyak macam-macam motiv, pakai lah yang senada antara baju, celana dan sepatu, rambut disisir, serta pakai kaus kaki berwarna gelap. Kesan pertama akan sangat penting bagi interviewer dalam menilai kalian. Selain itu, duduk lah dengan tegap tapi sopan, bukan posisi menantang. Sikap tubuh terbuka, karena bahasa tubuh yang terbuka akan membuat interviewer nyaman dengan kalian. Kemudian berikan lah wajah yang ramah dan senyum, tetapi tidak berlebihan.

Percaya Diri

Saat kalian akan diinterview, buat lah diri kalian menjadi percaya diri, jangan gugup. Biasanya jika kalian suka dengan pekerjaan yang akan kalian lamar, maka kalian akan percaya diri saat interview. Percaya diri memang harus, tetapi jangan terlalu percaya diri. Kita juga jangan menilai diri kita terlalu tinggi dan jangan juga terlalu rendah. Oleh karena itu, wawasan yang luas akan membantu kalian saat ditanya-tanya dalam interview.

Skill atau Bakat Asli

Kalian harus bisa menjual bakat atau skill kalian kepada perusahaan. Sampaikan kelebihan yang benar-benar kalian miliki bukan dibuat-buat. Jangan sampai kalian menyampaikan kelemahan, karena kalian berbohong dengan skill kalian. Sebenarnya yang paling penting dalam bekerja bukan lah seberapa pintar kalian secara akademis, tetapi seberapa cerdas kalian ketika beradaptasi dalam lingkungan tersebut.

Berdoa

Berdoa juga termasuk hal penting, karena dengan berdoa, berarti kalian yakin dengan diri kalian. Dengan melakukan hal ini kalian akan merasa lebih tenang dan percaya diri, apalagi dibarengi dengan menarik dan menghembuskan nafas serta dengan memejamkan mata.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Menjalankan Proses Rekrutmen yang Baik dan Efektif. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

referensi : Arbania Fitriani