Hello, AMPs

Kepercayaan merupakan pemicu emosional agar seseorang percaya Anda dapat diandalkan, baik dan jujur. Hal ini supaya mereka mau berinteraksi dengan Anda. Seorang visitor perlu bersandar kepada Anda yang dapat dipercaya, orang yang jujur, mempunyai niat baik, dan menyediakan penawaran.

Bagaimana Kepercayaan Bisa Relevan dengan Optimasi Konversi ?

Menurut salah satu narasumber, kepercayaan ini terbangun karena adanya hubungan antara orang yang memberikan kepercayaan dan orang yang diberikan kepercayaan. Jadi, pada website Anda, perlu memasukkan hal-hal yang benar dan berkaitan dengan Anda, karena jika ada dipercaya, hal ini bisa meningkatkan brand loyalty, meningkatkan pelanggan dan menghasilkan pelanggan setia yang akan merekomendasikan Anda kepada orang lain, karena rekomendasi dari mulut ke mulut merupakan bentuk iklan yang paling terpercaya.

Jika landing page website Anda eminta pelanggan untuk memasukkan alamat email mereka pada form subscribe agar mendapatkan e-book gratis, maka Anda harus benar-benar mengirimkan e-book tersebut yang memang berkualitas dan berguna. Jadi, dengan cara ini saja seorang pelanggan merasa diuntungkan, apalagi memutuskan untuk membeli sesuatu secara online pada landing page website Anda. Mereka harus selalu bersandar kepada Anda dan percaya bahwa Anda adalah penjual yang akan mengirimkan barang tersebut ke tempat mereka dengan cara yang efisien dan dalam kondisi yang aman.

Jadi, tanpa mereka berjabat tangan, tanpa bertatapan langsung dan tanpa melihat senyum Anda, mereka akan mengganggap Anda adalah orang yang dapat dipercaya. Hal ini sangat baik untuk tingkat konversi. Bagaimanapun juga, kepercayaan merupakan emosi yang sangat rumit.

Bayangkan landing page website Anda sebagai portofolio. Jika mereka melihat website Anda memberikan kesan baik kepada pelanggan, hanya butuh beberapa detik saja untuk membuat mereka percaya kepada Anda. Berikut ini ada 4 metode yang telah teruji untuk meningkatkan kepercayaan klien Anda.

Menumbuhkan kepercayaan dengan Simbol

Salah satu cara untuk menumbuhkan kepercayaan adalah dengan “trust seals” dari lembaga terkenal, yaitu logo dan simbol yang meningkatkan kredibilitas. Contoh seperti website yang diberikan lambang atau cap dari website keamanan seperti Norton Security dan McAfee Security. Ini akan membuat pelanggan percaya bahwa website milik Anda aman dari pencurian data atau aman dari virus malware.

Menumbuhkan Kepercayaan dengan Bukti Sosial

Kepercayaan dapat dibangun dengan adanya kekuatan bukti sosial. Metode ini memakai kekuatan nominal dan efek ikut-ikutan untuk membuktikan bahwa Anda dapat dipercaya. Menurut salah satu sumber, ketika seseorang tidak tau bagaimana harus beraksi, mereka memperhatikan perilaku orang lain untuk menentukan bagaimana mereka harus beraksi.

Kepercayaan dapat dibangun dengan menampilkan angka dari para pelanggan yang telah bergabung pada website Anda. Kemudian bisa juga dengan cara menunjukkan seberapa banyak pelanggan yang telah membeli pada website Anda. Pertanyaannya, bagaimana menunjukkan angka pelanggan, sementara dari awal berdirinya website belum ada pelanggan ? Sebenarnya Anda tidak harus menunjukkan data asli dari banyaknya pelanggan yang telah bergabung dengan website Anda. Anda bisa memanipulasi angka, Anda bisa bisa berpura-pura menjadi pelanggan yang telah bergabung dengan website Anda.

Menumbuhkan Kepercayaan dengan Warna

Ketika kita membicarakan warna, kami mengutip dari salah satu sumber yang membicarakan warna biru. Warna biru bisa dibilang adalah warna yang bersifat dingin, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat profesional. Efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang melambangkan kepercayaan dan trustfulness. Jadi, jika ada perusahaan atau website punya desain warna biru, bisa dibilang mereka itu terpercaya. Contohnya seperti raksasa social media seperti facebook dan twitter, apakah Anda sering terkena masalah keamanan ? Atau contoh lainnya perusahaan elektronik seperti IBM, Intel, HP, apakah perusahaan sebesar itu sering berbohong dengan kualitas barang mereka ? simpulkan sendiri.

Menumbuhkan Kepercayaan dengan Kata-kata

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi emosi pada diri seseorang adalah kata-kata. Contoh nyatanya, seseorang sales jika berjualan tidak mengeluarkan sepatah kata pun, apakah akan ada orang-orang yang tertarik mendekati sales tersebut ? Atau seorang pria yang ingin mendekati seorang wanita, jika pria itu hanya diam saja, apakah wanita tersebut akan tertarik dengannya ? Pada sebuah website yang menjual suatu produk pun harus membuat copywriting yang baik dan transparan atas apa yang dijual, sampaikan pesan yang tidak bertele-tele yang memicu pelanggan supaya percaya kepada website Anda.

Ketika pelanggan mempercayai Anda, mereka akan lebih terbuka untuk membangun hubungan dengan Anda. Kepercayaan juga membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dan dapat membuat semua pihak senang, karena Anda dapat diandalkan. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan keadaan ini untuk membangun hubungan dengan pelanggan agar terus kembali pada Anda, apalagi jika sampai mereka merekomendasikan Anda kepada teman-temannya. Jadi, kepercayaan dapat meningkatkan sales dan meningkatkan pelanggan.

referensi: buattokoonline.id/cara-meningkatkan-kepercayaan-user-terhadap-landing-pages-website-anda/