Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberitahu Cara Mudah Melaporkan Penipuan Jual Beli Online.

Jual beli online saat ini bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat. Jual beli online sudah menjadi aktifitas sehari-hari bagi masyarakat di mana saja. Banyak masyarakat jual beli online, karena lebih praktis, lebih murah dan tidak repot ke toko fisik. Namun, sayangnya jual beli online tidak selalu menyenangkan, sering juga terjadi penipuan.

Tidak seorang pun ingin menjadi korban penipuan jual beli online. Namun, kita tidak bisa memprediksi hal yang akan terjadi. Oleh karena itu, kita perlu hati-hati dan perlu mengetahui tips trik cara jual beli online yang aman dan benar. Berikut ini Cara Mudah Melaporkan Penipuan Jual Beli Online.

Laporkan ke cybercrime@polri.go.id

cybercrime@polri.go.id merupakan email dari Polri disediakan khusus untuk menerima laporan-laporan yang terkait dengan kejahatan di dunia maya atau online. Jadi, untuk kalian yang mungkin menjadi korban penipuan online, segera kirim email ke cybercrime@polri.go.id. Sertakan juga nomor rekening dan nomor telepon pelaku agar bisa segera dilacak.

Kita bisa melaporkan ke email Polri tersebut, tetapi mungkin tidak akan direspon dengan cepat, karena mungkin banyak laporan yang diterima Polri. Jadi, jika pengaduan via email kurang begitu maksimal, kalian masih bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi penipuan online, misalnya dengan cara melaporkan penipuan online tersebut ke bank untuk melakukan pemblokiran pada rekening pelaku penipuan online. Cara ini cukup ampuh untuk membuat efek jera kepada pelaku penipuan online. Yang harus kita lakukan sebagai berikut.

Siapkan Bukti Transaksi

Pertama, kalian harus menyiapkan seluruh bukti transaksi, mulai dari bukti salinan email, data lengkap penipu seperti nama, nomor rekening dan nomor handphone, serta siapkan juga bukti transfer bank.

Buat Laporan Penipuan

Selanjutnya kita juga perlu membuat laporan penipuan dan kronologi kejadian di atas materai sebagai pelengkap untuk meblokir rekening penipu.

Bawa Laporan ke Kantor Polisi

Jika bukti transaksi dan kronologi penipuan sudah dibuat, maka kita bawa laporan tersebut ke kantor polisi untuk proses penyidikan. Kemudian kalian akan mendapatkan surat tanda penerimaan laporan.

Buat Surat Permintaan Penutupan Rekening

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah pergi ke kantor cabang bank yang bersangkutan dan sertakan surat laporan yang kalian dapatkan dari kantor polisi, lalu jelaskan pada pihak bank bahwa kalian adalah korban penipuan. Selanjutnya minta kepada pihak bank untuk memblokir rekening pelaku penipuan. Jika pihak bank mengatakan rekening tersebut tidak bisa diblokir tanpa permintaan si pemilik, kalian harus lebih berani melakukan berbagai cara agar bank tersebut mau berbuat sesuatu untuk kasus kalian. Jika pihak bank masih mengatakan tidak bisa memblokir rekening si penipu, mintalah pihak bank tersebut untuk memanggil si penipu datang ke bank agar bisa dimintai keterangan.

Tunggu Panggilan Dari Pihak Bank

Jika pihak bank menyetujui permohonan pemblokiran, maka pelaku akan diminta untuk mendatangi bank dan pihak bank akan meminta pelaku untuk menghubungi kalian. Kemudian, kalian akan berkomunikasi dengan pelaku, jelaskan kepada pelaku untuk mengembalikan uang kalian atau melanjutkan ke proses hukum.

Urus Surat Pencabutan Perkara

Jika semua urusan telah selesai dan si penipu sudah mengembalikan uang kalian, maka segera minta surat pencabutan perkara di polisi dengan menyertakan surat pengakuan kesalahan dan fotocopy KTP pelaku. Sangat mudah bukan untuk mengatasi kasus penipuan jual beli online, tetapi terkadang banyak orang yang tidak mau melakukannya, karena mereka berpikir hal tersebut akan sia-sia saja, padahal itu tidak benar, kita bisa mencoba jika kita serius.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Mudah Melaporkan Penipuan Jual Beli Online. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.