Pasar Bebas ASEAN yang akan diikuti oleh Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan diadakan pada Desember 2015. Bagi para UKM yang telah memiliki produk, bisa mendapatkan peluang besar untuk mengekspor produknya ke negara-negara ASEAN, karena ASEAN dilirik oleh pasar dunia sebagai sumber produk untuk bisa masuk ke negara-negara tersebut. Berikut ini Cara Mudah Memasarkan Produk ke Pasar Dunia.

Bagi kalian yang mempunyai usaha furniture, kalian harus mempersiapkan produk tersebut agar kualitasnya memenuhi standar nasional atau pun internasional yang layak untuk diekspor. Karena kita tidak mau mempermalukan nama baik usaha kita mau pun Negara, kita harus mampu meningkatkan mutu produk kita sehingga tidak dipandang sebelah mata.

Supaya produk kita bisa diekspor dan mendapatkan pelanggan dari manca Negara, maka kita bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

Ikut Event di Negara Sendiri

Biasanya pada bulan-bulan tertentu ada event-event yang sering diadakan untuk memperkenalkan produk atau menjual produk yang pas dengan momen yang ada pada saat event tersebut. Kita bisa mengikuti pameran local di Negara sendiri untuk melatih usaha agar dapat berkembang sampai manca Negara. Biasanya di Indonesia ada pameran yang rutin diadakan dan sudah dikenal baik oleh pembeli mancanegara. Contoh event yang sering diadakan adalah Pekan Raya Jakarta, Pameran Produksi Indonesia, Pekan Produk Kreatif Indonesia, Pameran Furniture and Interior Indonesia, Inacraft, dll.

Ikut Event di Luar Negeri

Kedutaan besar Indonesia di luar negeri biasa memamerkan produk-produk dari Indonesia saat mengikuti pameran di luar negeri. Kita sendiri juga bisa mengikuti pameran manca negara yang diselenggarakan oleh negara tetangga, misalnya di Malaysia secara berkala mengundang pengusaha Indonesia untuk mengikuti pameran yang ada di sana. Contohnya Pameran Perdagangan Halal Antarabangsa Malaysia (MIHAS).

Mempunyai Website

Agar usaha kita terpercaya dan mudah ditemukan di internet, kita harus mempunyai website berbentuk company profile atau bisa juga berbentuk toko online. Dengan cara tersebut memudahkan para pembeli manca negara mencari dan menemukan usaha kita di Internet sehingga usaha kita dianggap lebih profesional.

Mempunyai Partner

Banyak pengusaha menggaet mitra bisnis agar usahanya lebih berkembang dan maju. Banyak pengusaha yang mencari mitra binaan dari BUMN, karena dapat membantu dan memfasilitasi usaha kita menjadi berkembang dan memiliki jaringan usaha yang kuat, baik di lokal maupun manca negara.

Mempunyai Izin Usaha

Agar bisnis kita menjadi legal dibutuhkan dokumen legalitas ekspor, kita harus berfikir untuk memiliki legalitas pada usaha dengan perlengkapan seperti: SIUP, TDP, NPWP dan perizinan lainnya yang berhubungan dengan produk yang kita akan ekspor. Sedangkan dokumen ekspor lainnya yang kita harus ketahui, yaitu Sale Contract, Commercial Invoice, Letter of Credit (L/C), Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), Bill of Lading (B/L) atau Air Way Bill (AWB), Polis Assuransi, Packing List, Surat Keterangan Asal (SKA), Quality Statement, dsb.

Itulah cara mudah memasarkan produk ke pasar dunia dengan beberapa syarat dan ketentuan yang harus kita ikuti. Sebenarnya cara ini mudah jika kita ikuti dengan benar. Semoga artikel yang Saya kutip dari UKM sukses bermanfaat untuk kalian.