Hallo kawan-kawan, kali ini saya mau membahas Cara Mudah untuk Mengontrol Kas Usaha untuk kalian.

Dalam mengelola keuangan, masing-masing perusahaan memiliki cara yang berbeda untuk setiap jenis usaha yang dijalankannya. Hal ini dilakukan supaya laporan keuangan akan mudah dikerjakan, efektif dan dapat mengelola keuangan perusahaan secara terperinci dan akurat.

Untuk mengelola keuangan bisa menggunakan system komputerisasi maupun buku, sesuai aturan yang ada di perusahaan tersebut. Sebaiknya zaman sekarang agar lebih efisien dalam mengelola keuangan , lebih baik menggunakan system computer.

Untuk menilai kinerja laporan keuangan bisa dilakukan dengan cara kontrol kas yang setiap hari berjalan. Seperti yang kita ketahui kas adalah harta yang dapat digunakan untuk membayar kegiatan operasional perusahaan atau dapat digunakan untuk membayar kewajiban saat ini. Maka dari itu kontrol kas usaha ini berguna untuk mencegah hal-hal seperti pencurian dana kas, pemborosan, penyalahgunaan wewenang penggunaan kas tanpa persetujuan pimpinan, meningkatkan akurasi dan kepercayaan dan agar tidak salah dalam proses pencatatan keuangan perusahaan.

Biasanya agar perusahaan lebih efektif mengontrol kas usaha, diterapkan sistem standar prosedur operasional (SOP) yang sesuai dan efisien dengan kegiatan usaha, contoh seperti berikut ini:

Sistem Voucher

Gunakan sistem voucher untuk setiap transaksi penerimaan atau pengeluaran kas perusahaan yang berfungsi sebagai alat kontrol untuk otorisasi setiap transaksi yang berjalan. Otorisasi dilakukan oleh orang yang diberi kewenangan manajemen untuk menyetujui atau menolak transaksi sesuai prosedur perusahaan.

Rekening Bank

Gunakan rekening bank untuk setiap kegiatan jual beli yang berjalan di perusahaan. Pada Bank ada sistem khusus untuk melindungi keamanan kas perusahaan yang terjamin keamanannya. Laporan akan diberikan Bank secara rutin setiap bulan untuk memperbarui transaksi usaha kita dengan laporan rekening koran. Rekening koran tersebut berfungsi untuk kontrol intern yang bisa kita minta kapan saja.

Dana Kas Kecil

Perusahaan menggunakan dana kas kecil untuk mengontrol pengeluaran yang bernilai kecil, tetapi rutin berjalan setiap hari. Dengan dana kas kecil perusahaan bisa menentukan seberapa besar batas minimal atau maksimal kas yang akan dipakai. Perusahaan juga menaksir dana kas kecil untuk menentukan seberapa besar jumlah yang akan dipakai untuk jangka waktu tertentu dan seberapa besar batas yang boleh diajukan untuk mengisi dana kas kecil kembali.

Banyak perusahaan yang sudah menggunakan prosedur sederhana seperti di atas untuk mengukur skala usaha dan cara tersebut terbukti efektif. Semoga tips untuk mengontrol kas usaha yang Saya intip dari UKM sukses bermanfaat untuk kalian.