Pada era digital seperti sekarang ini, semua aktivitas sehari-hari seperti berbelanja, chatting, dan memesan kendaraan sudah dilakukan secara online. Hal ini membuat segalanya memang menjadi lebih mudah. Sekarang ini memang semakin maraknya bisnis online, sebagai seorang yang mempunyai jiwa pengusaha tentunya kita jangan ingin ketinggalan. Apakah kalian sudah mengetahui cara untuk memulai bisnis online?

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas tentang cara untuk memulai bisnis online. Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memulai bisnis online :

1. Fokus

Pada saat kalian ingin memulai bisnis secara online maupun offline, hal yang pertama harus kalian lakukan adalah fokus ke satu bidang dulu. Hal ini bertujuan supaya konsentrasi kalian tidak terpecah-pecah. Diusahakan kalian memilih usaha yang bisa segera mendatangkan hasil, dan memang sedang dibutuhkan di masyarakat.

2. Memilih Produk

Hal yang terpenting dalam suatu usaha yaitu produknya. Tentu saja ketika kalian ingin memulai suatu usaha itu haruslah ada suatu produk baik itu berupa barang atau jasa. Contohnya saja seperti jualan makanan, pakaian, mainan, buka jasa cetak kartu undangan, poster, brosur dan lain sebagainya. Usahakan kalian memilih produk yang akan di pasarkan secara online ini memang produk yang kalian benar-benar pahami. Jangan kalian menjual produk yang kalian sendiri tidak paham mengenai produk tersebut.

3. Buat Lapak

Jika kita berjualan secara offline, maka kita membutuhkan yang namanya toko atau tempat berjualan. Nah, jika kalian berjualan secara online juga itu membutuhkan tokonya juga yaitu situs website. Sekarang ini memang sudah banyak sekali situs-situs marketplace yang tersedia untuk kalian menawarkan barang jualan kalian. Namun, alangkah lebih baik kalian memakai domain berbayar dan hosting sendiri.

4. Pemasaran

Setelah kita mempunyai website nya, tentu saja langkah selanjutnya yaitu kita harus fokus ke cara pemasarannya. Banyak strategi yang bisa kalian lakukan ketika memasarkan produk kalian secara online. Diantaranya kalian bisa memakai optimasi SEO, memasang iklan di sosial media seperti facebook dan instagram, juga kalian bisa memasang iklan di google dan youtube. Semuanya ini bisa kalian coba untuk mempromosikan produk-produk kalian.

Nah, itulah Cara Untuk Memulai Bisnis Online. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂