Tahun 2018 yang baru berjalan beberapa hari ini merupakan awal yang pas bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis online. Bisnis online memberi kesempatan bagi Anda untuk bekerja dari rumah dan bebas tanpa aturan yang mengikat seperti halnya bekerja di perusahaan. Jika Anda tertarik akan bisnis online, mungkin contoh-contoh bisnis online berikut ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

  • Membuat produk digital

Tahun 2018 merupakan era digital jadi semua hal yang berbau digital berpotensi besar bisa memberikan keuntungan. Produk digital bisa berupa aplikasi smartphone, software komputer, ebook, atau video tutorial. Keuntungan menjual produk digital adalah Anda tidak perlu menyiapkan tempat untuk stok barang. Pengiriman produk pun mudah, cepat, dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jika Anda berbakat dalam coding, desain grafis, video editing, dan semacamnya, manfaatkan bakat Anda tersebut untuk menciptakan produk digital yang bisa menarik perhatian customer.

  • Menerbitkan buku sendiri

Jika Anda berbakat dalam menulis dan semua orang pun sudah mengakui hasil tulisan Anda bagus, kenapa Anda tidak mencoba menerbitkan buku Anda sendiri? Anda bisa minta tolong teman Anda untuk membantu mengedit hasil tulisan Anda. Buku bisa dicetak di tempat percetakan. Tidak usah banyak-banyak cukup beberapa eksemplar saja sebagai permulaan. Promosikan buku Anda di forum-forum pecinta buku atau minta bantuan blogger untuk mereview buku Anda sebagai bagian dari promosi. Anda juga mengirimkan hasil karya Anda ke forum-forum penulis independen. Banyak penerbit besar yang mencari bibit-bibit penulis dari forum-forum seperti ini. Siapa tahu Anda kemudian tidak perlu menerbitkan buku pakai uang sendiri tapi diterbitkan oleh penerbit besar.

  • Menjadi vlogger

Sekarang vlogger menjadi pekerjaan yang menjanjikan karena semua orang senang menonton video. Video yang viral bisa memberikan penghasilan hingga puluhan juta Rupiah. Jika Anda termasuk orang yang senang bergaya di depan kamera, mengapa Anda tidak mencoba berbisnis online dengan menjadi vlogger. Menjadi vlogger tidak harus bermodalkan video kamera yang canggih, kamera handphone sudah bisa menjadi senjata asalkan resolusi kameranya bagus. Selain vlogger, Anda juga bisa menjadi blogger. Bedanya kalau blogger senjatanya adalah tulisan. Jika Anda senang menulis maka menjadi blogger bisa menjadi pilihan bisnis online yang tepat.