Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberitahu Dampak Negatif Internet dalam Kehidupan Manusia dan Cara Mencegahnya.

Zaman sekarang pengguna internet terus meningkat, saat ini hampir semua orang diseluruh dunia menggunakan fasilitas internet. Pertumbuhan internet diperkirakan akan terus bertambah dari anak kecil sampai orang dewasa. Tujuan dan perilakunya pun berbeda. Umumnya orang dewasa menggunakan internet sebagai bagian dari pekerjaan dan untuk mendapatkan informasi, sedangkan anak-anak mengakses internet untuk kebutuhan hiburan seperti game, music, dan membuka sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Line, Whatsapp, dll.

Dengan banyaknya pengguna internet, bisa dipastikan akan selalu ada sisi positif dan negatifnya. Namun, sekarang ini berbagai macam materi negatif banyak bermunculan di internet. Jika anak-anak tidak selalu diawasi, maka mereka bisa saja melihat hal negatif di internet, misalnya seperti pornografi, hal berbau rasisme, kejahatan, kekerasan, dan hal negatif lainnya. Berita atau iklan yang tidak pantas juga banyak bertebaran hampir di setiap situs web atau blog.

Selain itu, saat ini sangat marak aksi tipu menipu jual beli online. Kita jangan sampai lengah membiarkan anak atau saudara kita terjebak kasus penipuan online. Beberapa dampak negatif lainnya yaitu maraknya pembajakan terhadap hak cipta musik, film, game, program, dll. Jangan sampai orang terdekat kita terlibat, karena dampaknya sangat serius. Oleh karena itu, kita harus mencegahnya dengan cara seperti berikut ini.

Pencegahan Pengaruh Negatif Internet

  • Letakkan komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati umum.
  • Batasi waktu pemakaian komputer untuk anak Anda.
  • Orang tua harus terlibat dan menyediakan waktu dengan anak-anak pada saat mereka sedang online.
  • Pelajari sebanyak mungkin tentang komunitas online, mungkin saja anak-anak ini lebih mengetahuinya dibandingkan Anda sendiri.
  • Cari tahu mengenai dan implementasikan software-software pemblokiran dan penyaringan situs-situs tertentu.
  • Jika Anda menggunakan komputer bersama-sama dengan anak-anak Anda, dan Anda sengaja ataupun tidak sengaja telah mengunjungi suatu website yang sebaiknya tidak dikunjungi anak Anda, sebaiknya Anda menghapus alamatnya dengan cara menghapus history-nya.

Itulah sedikit informasi mengenai Dampak Negatif Internet dalam Kehidupan Manusia dan Cara Mencegahnya. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.