Hello, AMPs

Usaha dalam bentuk apapun sekarang akan lebih sukses jika mengintegrasi internet marketing. Walaupun banyak untungnya, tidak banyak orang paham tentang internet marketing. Jika Anda masih awam tentang internet marketing, artikel berikut akan mencoba menjelaskan apa saja yang penting untuk dipersiapkan.

Perlu diingat informasi ini hanya untuk wawasan dan tidak terlalu dalam, jika ingin penjelasan lebih, di akhir artikel akan diberikan rekomendasi untuk dapat belajar lebih.

Research Produk

Hal penting pertama yang harus diperhatikan adalah melakukan research tentang produk yang akan Anda pasarkan. Cara melakukan research ini bisa melalui berbagai cara. Misal saja meneliti dengan menggunakan survey online ataupun menyewa jasa pihak lain untuk mengumpulkan data.

Jika Anda memiliki usaha yang berukuran kecil, Ada cara mudah untuk melakukan research. Cara ini adalah dengan mengandalkan Google Trends. Untuk menggunakan hal ini, ikuti langkah berikut

  • Login ke Google Account
  • Masuk ke halaman website Google Trends
  • Masukan kata kunci produk yang Anda juga, misal Tas Kulit
  • Grafik dan data pencarian kata kunci akan muncul.

Dari data grafik tersebut Anda akan tahu seberapa populer produk ini dicari setiap harinya. Jika makin banyak orang menggunakan kata kunci ini, berarti ada kemungkinan produk Anda akan lebih mudah dipasarkan.

Di sisi lain, grafik yang tinggi menunjukan banyak saingan. Anda harus siap menghadapi hal ini jika ingin fokus melakukan pemasaran di internet.

Research Pesaing

Nah, seperti yang disinggung sebelumnya, pesaing ini tidak boleh dianggap remeh. Anda wajib melakukan research tentang ukuran pasar dan pihak – pihak pesaing yang ada di dalamnya. Mungkin Anda tidak perlu mengetahui semua pesaing, namun fokus pada mereka yang memegang area besar di pasar.

Jika Anda sudah tahu siapa saja pesaing Anda. Analisa kelebihan dan kekurangan mereka. Anda bisa meniru apa yang dilihat bagus dan juga berusaha menghindari meniru terjerumus di kelemahan yang sama. Jika ingin lebih sukses pastikan Anda menawarkan hal yang lebih baik dari pada para pesaing Anda.

Jalur Marketing Online

Jika sudah jelas produk dan pesaingnya, sekarang waktunya melakukan pemasaran online. Jalur pemasaran online ini bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Misal saja, jika produk Anda berupa jasa dan perlu kontak langsung dengan pelanggan. Jalur marketing online yang paling cocok adalah sosial media. Jika Anda memiliki banyak modal dan ingin produk Anda menyebar di seluruh penjuru internet dengan cepat, Anda bisa memanfaatkan AdSense dari Google untuk membuat iklan online. Pilihan jalur ini penting dan perlu banyak pemikiran. Pastikan jalur yang Anda pilih sesuai dengan produk Anda.

Belajar Lebih Dalam

Jika Anda ingin belajar internet marketing dengan lebih dalam, Anda bisa daftar ke DUMET School. Di sini Anda akan diberikan ilmu tentang perencanaan bisnis online dan berbagai strategi untuk internet marketing. Jika tertarik, segeralah mendaftar ke DUMET School sekarang juga.