Semua bisnis termasuk bisnis retail yang akan dijalankan butuh perencanaan dan persiapan agar bisnis tersebut berjalan dengan mulus. Sebagai pengusaha kita harus banyak mencari informasi ter-update, karena persaingan bisnis retail sangat ketat yang mengharuskan pengusaha berinovasi dan berkreasi dengan cara mencari petunjuk dari masyarakat apa saja yang mereka perlukan. Untuk itu berikut ini beberapa hal penting yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis retail di antaranya sebagai berikut.

Memilih Produk

Pilihlah produk yang sering dicari orang-orang, seperti sembako, yang terdiri dari beras, gula, sayur-sayuran, daging, minyak sayur, susu, telur, garam, bahan untuk memasak, dll. Jadi, usahakan jangan sampai kita menjadi rugi, karena tidak menjual produk yang sering dicari orang.

Menentukan Harga

Suatu usaha perlu mentukan harga produk yang dijual, jangan sampai produk yang dijual terlalu mahal atau pun murah. Untuk menentukan harga, kita bisa melirik harga yang ditawarkan oleh pengusaha lain. Kemudian kita atur harga bersaing dengan kompetitor tersebut, kita bisa memberikan harga lebih murah, tetapi jangan sampai membuat kita rugi. Ketika kita sudah punya banyak pelanggan, kita naikkan harganya perlahan-lahan.

Atur Segmentasi

Jika di daerah kita terdapat golongan ekonomi menengah ke bawah, jangan menjual produk yang harga terlalu mahal dan tidak dapat dibeli oleh mereka. Namun, jika di daerah kita terdapat orang-orang ekonomi menengah ke atas, maka kita tentukan harga yang cocok agar kita mendapatkan keuntungan besar. Kita harus bisa memenuhi kebutuhan semua golongan, baik yang menengah ke bawah atau pun atas.

Menentukan Lokasi

Bisnis retail tidak bisa sembarang membuka tempat, kita harus melihat ada atau tidaknya pesaing lain yang membuka usaha yang sama dengan kita di daerah tersebut. Karena ada satu pesaing saja di daerah tersebut, pastinya bisa menghambat bisnis yang akan kita jalani tersebut.

Komunikasi dan Inovasi

Setelah mendapatkan segmen dan lokasi yang tepat, yang harus kita lakukan dalam bisnis retail ini adalah berkomunikasi dengan orang-orang sekitar. Ketika baru buka ada satu pelanggan yang datang, cobalah kita berikan senyuman manis dan sambutan yang hangat, supaya pelanggan merasa senang dan mau balik lagi untuk membeli. Kita juga bisa merombak tempat kita berjualan menjadi berbeda dengan pesaing lainnya.

Mempromosikan Produk

Suatu produk tidak akan ada yang tau jika tidak pernah dipromosikan, kalau pun orang tau mereka hanya melirik tidak akan membeli. Untuk itu suatu produk harus dipromosikan luar dan dalam. Beritahu kepada masyarakat apa saja kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Intinya kita sebisa mungkin mendapatkan pelanggan yang tertarik dengan apa yang kita promosikan.

Itulah informasi kutipan dari UKM sukses yang bisa Saya sampaikan mengenai hal yang harus dipersiapkan untuk membuka bisnis retail. Semoga apa yang Saya sampaikan bermanfaat untuk kalian.