Sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan sosial media sebagai jalur internet marketing. Walaupun banyak digunakan, masih saja banyak akun sosial media perusahaan yang terlalu kaku dalam berinteraksi dengan para pelanggannya. Kesalahan lain tentu juga dapat muncul dan terkadang membuat nama brand terkesan kaku.

Nah, untuk belajar dari kesalahan ini, mari bersama melihat beberapa bentuk kesalahan yang harus dihindari berikut ini:

1. Kurang Merespons di Sosial Media

Jika Anda menggunakan sosial media sebagai jalur internet marketing, Anda tidak boleh pasif. Banyak perusahaan menggunakan sosial media hanya untuk memberi info produk saja. Anda harus membayangkan memiliki sosial media seperti memiliki komunitas sendiri.

Pastikan selalu online untuk membalas respons pelanggan ataupun ikut membuat meme yang sedang trend. Hal ini akan membuat interaksi Anda dengan pelanggan tidak terlalu tegang dan canggung. Melainkan interaksi mirip teman.

2. Mengabaikan Feedback

Feedback itu penting, jangan abaikan! Pentingnya feedback dari pelanggan memastikan usaha berkembang sesuai dengan demand dari pelanggan. Walaupun begitu, Anda juga harus memilih – milah feedback mana yang pantas diambil dan mana yang tidak perlu didengar. Jika Anda bisa melakukan hal ini, kemampuan Anda dalam dunia marketing online akan menjadi lebih baik.

3. Jangan Asal Viral

Coba seimbangkan tentang kesuksesan brand dengan kesuksesan sebagai bisnis. Orang yang menggeluti internet marketing terkadang terjebak dengan mementingkan nama brand terkenal. Karena hal ini terkadang mereka menggunakan segala cara untuk menjadi viral.

Nama brand yang tersebar luas belum tentu karena nama baik, jadi Anda harus hati – hati. Untuk mengubah nama yang terkenal menjadi penghasilan, Anda tidak boleh asal. Pastikan pelayanan pada pelanggan baik dan menyebarkan nama melalui hal ini.

4. Terlalu Bergantung Pada Data

Dalam internet marketing data memang penting namun hal ini bukan segalanya. Hal yang paling penting jika Anda menggeluti bidang pemasaran di internet adalah koneksi dan komunikasi. Jika dalam bentuk video, pastikan visual dan naratif yang disampaikan jelas. Jika menjaring pelanggan melalui sosial media, pastikan selalu menyampaikan dengan bahasa baik.

Ada beberapa kasus dimana banyak akun perusahaan berlaku sebagai teman dan malah dianggap sebagai individu. Contoh perusahaan ini bisa Anda temukan banyak di Twitter. Membaur dengan para responden untuk mendapat feedback bisa dibilang lebih efektif daripada menggantungkan segala keputusan dari data saja.

Belajar Lebih Bersama DUMET School

Jika Anda merasa masih belum siap untuk menggunakan internet marketing, Anda bisa menggunakan jasa kursus DUMET School. Bagi Anda yang tidak tahu, DUMET School adalah tempat kursus online untuk belajar lebih dalam tentang membuat website, mengatur jaringan, teknik SEO dan memaksimalkan bisnis online. Tenaga pengajar di sini sangat ahli di bidangnya dan komunitasnya memastikan Anda dapat membangun koneksi untuk saling belajar. Ayo raih kesuksesan Anda dengan bergabung bersama DUMET School sekarang juga!