Sekarang adalah zamannya jualan secara online, walaupun masih banyak yang jualan secara offline. Namun, paling ampuh agar produk cepat laku yaitu jualan secara online. Kenapa jualan secara online capat laku ? Salah satu alasannya karena orang zaman sekarang itu malas pergi keluar untuk berbelanja, mereka berpikir daripada menghabiskan waktu, biaya dan tenaga untuk pergi ke sebuah toko (offline), lebih baik membeli secara online.

Mungkin kalian sudah tau ada banyak toko online saat ini, misalnya seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lain-lain. Nah, kalian bisa mencari produk yang kalian inginkan pada website toko online tersebut. Pada toko online tersebut kalian juga bisa menjual produk yang kalian inginkan. Namun, kekurangan berjualan di toko online yang bukan milik sendiri, kalian akan bunya banyak pesaing yang menjual barang serupa dengan harga yang mungkin lebih murah dari kalian.

Membuat toko online sendiri sebenarnya lebih asyik daripada menitip produk di lapak toko online milik pihak lain. Alasan memiliki toko online sendiri, karena kalian tidak akan bertemu dengan pedangan lain yang menjadi pesaing kalian. Dengan toko online milik sendiri, kalian bebas melakukan apa pun di dalamnya, tidak ada aturan dan harga bisa kalian atur sendiri. Namun, kesulitannya kalian harus memperkenalkan website toko online kalian sendiri agar banyak orang yang tau dan produk kalian bisa laku terjual.

Bagaimana agar toko online bisa terkenal ? Mudah caranya, bisa dengan cara beriklan dan menggunakan teknik SEO. Kalian bisa memperkenalkan toko online dengan cara beriklan, tetapi cara ini memerlukan biaya atau berbayar. Berbeda dengan teknik SEO, tidak berbayar, tetapi butuh waktu untuk memperkenalkan website toko online, karena harus optimasi website agar berada di halaman pertama Google, itulah cara memperkenalkannya, lewat mesin pencari.

Website milik saya ditargetkan beberapa keyword untuk berada di halaman pertama. Saat ini sesuai dengan target, keyword yang saya incar muncul di halaman pertama Google. Mungkin antara browser yang kalian punya dengan browser yang saya miliki berbeda hasil pencariannya. Hal ini dikarenakan faktor dari sistem Geo-Locatian algoritma Google.

Mungkin di antara kalian ada yang berpikir jika website ada di halaman pertama Google, produk yang dijual akan cepat laku. Namun, kenyataannya tidak begitu, karena website boleh di halaman pertama mesin pencari, tetapi jika pelayanan, tampilan website, harga atau faktor lain tidak mendukung, tetap saja sulit agar produk yang dijual cepat laku. Kalian tidak perlu khawatir juga jika di halaman pertama mesin pencari tidak laku, karena lambat laun semakin banyak trafik pasti beberapa pengunjung akan tertarik untuk membeli.

Kesimpulan

Website toko online yang berada di halaman pertama Google tidak serta-merta akan laku produknya, banyak faktor yang membuat penjualan laris-manis salah satunya pelayanan, harga, dsb. Kalian juga perlu banyak riset toko online lain bagaimana mereka bisa laku dan juga perlu analisis.