Dunia maya kini telah menjadi target yang dipilih untuk melakukan berbagai praktek usaha. Internet semakin memudahkan pertukaran informasi dan juga memiliki semakin banyak pengguna. Ada berbagai hal yang membuat internet menjadi pilihan untuk melakukan praktek bisnis. Salah satunya karena kecepatan informasi yang dapat disebarkan. Selain itu penggunaan internet sebagai sarana bisnis kini telah menutup celah ruang sehingga pelaku bisnis yang memanfaatkan internet dapat membidik pasar global. Pemanfaatan internet sebagai media promosi atau penjualan juga dapat meminimalisir kebutuhan modal. Seorang penjual produk atau jasa tidak perlu lagi harus memiliki tempat usaha. Cukup dengan memiliki blog, situs dan bahkan hanya dengan akun media sosial maka kegiatan bisnis sudah dapat digulirkan.

Praktek internet marketing atau memanfaatkan internet sebagai media pemasaran memang memiliki banyak peluang menguntungkan. Praktek menjadi marketer di dunia maya tidak membutuhkan modal yang besar; bahkan seseorang dengan modal niat kuat, hubungan baik dengan pelaku bisnis lain dan perangkat untuk mengakses internet sudah dapat melakkan praktek internet marketing untuk mendapatkan penghasilan. Bekerja sama dengan produsen produk, penyalur atau penyedia jasa bisa menjadi jalan pintas untuk bekerja menjadi marketer di dunia maya. Mengiklankan atau menjual produk dan jasa dari pihak lain bisa menjadi pilihan bisnis yang minim modal; namun tetap menghasilkan.

Ada beberapa praktek internet marketing yang tidak membutuhkan modal besar seperti kebutuhan memiliki situs sendiri. Memanfaatkan blog yang dapat digunakan secara gratis atau mengoptimalkan media sosial bisa menjadi pilihan melakukan praktek internet marketing dengan modal minimal. Mempelajari dan menjalankan strategi pemasaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi bisnis online bisa menjadi pilihan untuk memaksimalkan hasil. Kini ada banyak strategi pemasaran dengan memanfaatkan internet. Praktek strategi sederhana dapat dilakukan dengan bergabung dengan grup jual beli online atau melakukan afiliasi dengan toko online. Selain praktek internet marketing sebagai marketer konvensional; ada peluang lain dalam dengan menjadi bagian dari affiliate marketer bagi pemilik situs ataupun blog. Cukup dengan menempelkan link atau banner iklan di situs dan blog; pemilik situs atau blog akan mendapatkan uang ketika ada pengunjung yang menekan link atau banner iklan yang terpasang.