Internet marketing berhasil mendukung perkembangan berbagai usaha yang ada di dunia. Salah satunya adalah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Usaha ini memegang peranan penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerintah Indonesia memberikan banyak dukungan untuk pengusaha kecil. Pemerintah pun sudah menerapkan berbagai ekonomi di negara ini seperti ekonomi pembangunan  dan ekonomi pertanian. Saat ini, pemerintah mulai menerapkan ekonomi kreatif dengan menggunakan internet sebagai media pemasaran.

Mengapa Ekonomi Kreatif?

Ekonomi kreatif dianggap lebih sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia apalagi generasi millennial lebih menyukai sesuatu yang bersifat modern, inovatif, tidak baku, dan kreatif. Ada banyak strategi  untuk mendukung ekonomi kreatif. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Video Marketing

Ini adalah salah satu strategi pemasaran yang menarik. Segala hal yang ramai dibicarakan oleh publik menjadi hasil dari cara pemasaran ini. Ini adalah metode baru yang menggunakan video untuk mengenalkan dan mempromosikan jasa, produk atau brand. Cara ini menggunakan konten video seperti company profile, explainer videos, video live event, dan testimoni konsumen. Video yang viral memerlukan perencanaan yang matang. Anda harus dapat berpikir inovatif dan kreatif untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dengan video sebelumnya. Strategi yang tepat juga dapat meningkatkan popularitas dari video tersebut. 

Endorsement

UMKM juga dapat mempromosikan produk melalui endorsement. Strategi ini dilakukan dengan cara membayar selebritis atau tokoh terkenal lainnya untuk mempromosikan produk atau jasa. Para selebritis memasang tarif yang berbeda-beda sehingga anda bisa menghubungi pihak manajemen dari artis tersebut untuk menanyakan biaya endorsement. Biasanya para artis akan memasang contact person atau alamat email di bio Instagram untuk urusan promosi produk atau jasa.

Intinya, ekonomi kreatif lebih banyak memanfaatkan media sosial karena ini adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa saat ini. Hampir semua orang mempunyai akun media sosial sehingga usaha anda harus mempunyai akun media sosial agar semua orang dapat melihat apa yang anda jual hanya dari ponsel mereka. Itulah beberapa strategi jitu menggunakan internet untuk pemasaran.