Pada era digital seperti sekarang ini, semuanya memang menjadi semakin lebih mudah saja. Hanya bermodalkan koneksi internet saja kalian bisa berbagi ilmu, berbagi kabar, mengobrol dengan teman, bahkan sampai melakukan jual beli dengan menggunakan internet. Ketika kalian melakukan jual beli secara online, pertama-tama kalian harus mengetahui istilah penting dalam jual beli online.

Dengan melakukan jual beli secara online, ini akan menguntungkan untuk penjual maupun pembeli itu sendiri. Dengan adanya internet itu bisa memudahkan penjual dalam memasarkan produknya lewat online, begitu pula untuk pembeli akan lebih mudah dalam mencari produk yang dia inginkan. Di zaman seperti sekarang ini, hampir semuanya sudah terbiasa menggunakan internet. Jadi besar kemungkinan kalau kalian memasarkan produk lewat online, itu akan semakin meningkatkan omset penjualan dari produk kalian.

Didalam jual beli online itu terdapat istilah-istilah atau singkatan yang sering diucapkan oleh pelaku jual beli online. Berikut Istilah Penting Dalam Jual Beli Online Yang Wajib Diketahui :

1. COD (Cash On Delivery)

Mungkin istilah COD ini sudah banyak orang yang mengetahuinya. COD adalah dimana penjual dan pembeli bertemu langsung dalam melakukan transaksi jual belinya. Ketika kalian ingin melakukan COD, pilihlah tempat umum yang ramai seperti tempat makan atau mall. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan. Selain itu juga, ketika melakukan COD kalian harus teliti dan paham dengan barang yang ingin kalian beli.

2. PO (Pre Order)

PO atau Pre Order ini adalah melakukan transaksi jual beli online, dimana pembeli harus melakukan pemesanan dan membayar terlebih dahulu. PO ini biasanya dilakukan oleh took-toko online yang sudah terpercaya.

3. WTB (Want To Buy)

WTB atau Want To Buy merupakan istilah yang biasanya digunakan oleh orang yang sedang mencari barang di group jual beli online. Contohnya seperti WTB laptop murah dan berkualitas bagus, dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

4. PM (Private Mesagge) atau Pesan Masuk

Private Mesagge atau pesan masuk yaitu dimana penjual dan pembeli akan berbicara secara pribadi. Seperti melakukan SMS, chatting via BBM dan lainnya. PM ini biasanya dilakukan jika penjual dan pembeli sudah akan jadi membeli.

5. WTS (Want To Sell)

WTS atau Want To Sell bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, artinya ingin menjual. WTS ini biasa disebutkan untuk penjual yang ingin menjual produknya. Misalnya yang sering kita jumpai di group jual beli facebook, yang menuliskan WTS dan kemudian disertai dengan foto dan penjelasannya, ini artinya dia ingin menjual produk tersebut.

Nah, Istilah Penting Dalam Jual Beli Online Yang Wajib Diketahui. Sebetulnya masih banyak lagi istilah-istilah yang sering digunakan dalam jual beli secara online. Semoga bermanfaat 🙂