Jenis-jenis Digital Marketing – Dalam menjalankan proses marketing anda dapat menjalani dengan cara marketing online dan juga marketing offline. Marketing online biasa disebut dengan istilah digital marketing, yaitu dengan menggunakan media internet maka anda dapat mengenalkan, memasarkan atau menjual barang atau jasa kepada calon pembeli.

Teknik digital marketing terlihat lebih simpel dibandingkan dengan melakukan marketing seperti menyebar brosur, door to door, atau menjaga stand. Selain dengan kemudahan dari segi waktu, dengan menggunakan teknik digital marketing dapat lebih meringankan biaya pemasaran seperti cetak brosur.

Jenis-jenis Digital Marketing

Memahami tentang digital marketing memang tidak akan pernah ada habisnya karena dunia internet tidak memiliki batasan waktu dan ruang sehingga kita dapat menggapainya ke seluruh penjuru dunia. Namun secara umum ada dua jenis digital marketing, diantaranya :

• Push Digital Marketing

Jenis digital marketing yang satu ini mengacu kepada berbagai upaya dalam mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan terlebih dahulu dari calon konsumen.

Contoh push digital marketing adalah seperti pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi ke email konsumen dan juga pengiriman SMS berisi promosi produk.

Kelebihan Push Digital Marketing
1. Menyediakan data yang lebih lengkap
2. Memberikan target calon konsumen yang sesuai
3. Konsisten
4. Dapat mengirim konten promosi tepat waktu.

Kekurangan Push Digital Marketing
1. Biaya yang cukup tinggi
2. Target calon konsumen yang tidak terlalu besar
3. Ada kemungkinan untuk sulit ditemukan

• Pull Digital Marketing

Berbeda dengan push digital marketing, untuk strategi pull digital marketing lebih mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan, sehingga calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima.

Untuk jenis digital marketing seperti ini maka aktivitas SEO sangatlah membantu yang bertujuan untuk memaksimalisas penggunaan mesin pencari untuk menemukan kata kunci yang erat kaitannya dengan jenis marketing yang satu ini.

Kelebihan Pull Digital Marketing
1. Memiliki  ukuran konten yang tidak terbatas
2. Fleksibel dalam menyimpan dan menampilkan konten.

Kekurangannya Pull Digital Marketing
1. Memiliki tingkat kesulitan yang cukup besar dimana para konsumen sulit menemukan konten yang sudah dibuat
2. Adanya kemungkinan blocking bila konten yang ada tercampur baur.