Jenis-Jenis Iklan Dalam Dunia Internet – Iklan online atau yang biasa di temui pada media internet baik dalam jejaring sosial ataupun media browser seperti google, sudah menjadi alternatif dalam teknik marketing bagi suatu perusahaan atau individual.

Bermacam-macam jenis iklan pun sudah semakin meingkat di karenakan permintaan jumlah yang terus bertambah yang dapat pula di nikmati hasilnya dalam waktu yang singkat. Pemilihan media internet sebagai salah satu teknik marketing yang paling manjur saat ini karena target yang di tuju langsung pada sasarannya, lain hal nya dengan sistem marketing offline yang terkadang salah target.

Jenis-Jenis Iklan Dalam Dunia Internet

Berikut adalah jenis-jenis iklan dalam dunia internet yang mudah sekali di temui dan dapat di nikmati layanannya, yaitu :

1. Direct Advertising
Jenis iklan online ini memiliki ciri dimana pemiliki media serta pemasang iklannya berhubungan langsung dalam proses penandatangan kontrak untuk penyajian iklan maupun inisiatif lainnya. Format iklan jenis Direct Adv ini biasanya iklan teks dan iklan gambar / banner.

Kelebihan
Kelebihan dari jenis iklan direct advertorial ini adalah cukup praktis karena hanya kita dapat memajang iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa menyesuaikan pada target konsumen agar lebih efektif

Kekurangannya
kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner yang akan di tampilkan sesuai dengan kontrak harga, jika ukuran banner kita kecil dari iklan banner orang lain kemungkinan iklan banner kita tidak dilirik, sedangkan jika kita ingin menampilkan iklan banner dengan ukuran besar membutuhkan biaya cukup besar juga.

2. Self-service Advertising
Iklan online ini memiliki ciri di mana materi iklan, tata letak, tampilan maupun teks iklan tersebut dilakukan si oleh pemasang iklan.Contoh iklan self-service advertising ini ialah jasa google adwords.

Kelebihan
Pemasang iklan lebih leluasa dalam menentukan isi konten dan posisi tataletak. Membayar iklan hanya ketika ada konsumen yang mengklik iklan kita, lain halnya seperti iklan tayang di Televisi harus bayar per detik padahal semua orang belum tentu melihatnya.

Kekurangan
Untuk membuat iklan Google Adwords contohnya dibutuhkan keahlian khusus sesuai program situs penyedia iklan tersebut karena kitalah sebagai pemilik iklan yang mengelolanya dan juga dibuthkan kreatifitas pada konten maupun penempatan agar menarik perhatian konsumen. Jenis iklan ini juga kurang efektif karena tidak mentargetkan pada konsumen secara khusus, oleh karena itu untuk mempelajari mengenai teknik marketing google adwords dibutuhkan kalimat pengetikan yang tepat sebagai kata kunci pada mesin pencari google karena secara umum akan muncul banyak para pesaing yang lain juga yang menawarkan iklan yang sama.

3. Ad Networks
Iklan online adalah iklan online yag menghubungkan serta memediasi pemilik situs web dengan pemasang iklan. Dalam iklan ini biasanya terdapat kampanye-kampanye sudah ditargetkan akan tetapi tidak memiliki target pengunjung khusus.

Kelebihan
kelebihan kita dapat fokus menulis artikel yang berkualitas tanpa harus bersusah payah mencari orang yang mau memasang iklan pada blog kita. Dengan bergabung di jaringan iklan, kita dapat memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari iklan. Namun kita juga tetap harus memiliki traffic blog yang tinggi agar pendapatan iklan semakin tinggi.

Kekurangan
Ada beberapa ketentuan yang dapat membatasi bagi kiata dalam memasang iklan. Dan kita juga tidak bisa menentukan iklan-iklan apa saja yang mau Anda tampilkan di blog atau website kita

4. Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.

Kelebihan
Dalam penempatan posisi iklan sudah secara otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai produk yang dipromosikan. Pembayaran iklan relatif murah karena diambil hitungan per klik day para pengunjung. Contoh pembayaran misalkan per klik harganya Rp.500 Jika kita hanya mempunyai dana untuk Iklan sebesar Rp. 100.000 saja, maka Iklan kita sudah dapat 200 kali klik oleh para pengunjung. Cukup lumayan murah dan efisien.

Kekurangan
Karena dipilih secara otomatis oleh sistem, sehingga pasar konsumen tidak bisa ditentukan oleh pemasang iklan. Dalam bentuk ini, Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.

5. Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.

Kelebihan
Kelebihan dari iklan ini iklannya lebih menarik untuk dilihat oleh pengguna internet karena isinya berbentuk audio visual dan gerakan-gerakan.

Kekurangan
kekurangannya tidak banyak orang yang melihat iklan tersebut karena pengguan internet lebih fokus melihat video.

Itulah sebagian kecil dari beberapa jenis-jneis iklan dalam dunia internet. Masih banyak lagi media jenis-jenis iklan yang dapat di nikmati atau di gunakan dengan memanfaatkan teknologi internet. Untuk lebih memahami mengenai sistem pemasaran melalui internet yang dikenal sebagai digital marketing, teman-teman dapat meningkatkan pengetahuan dengan memulai kursus digital merketing atau kursus seo yang ada Dumet School