Marketplace adalah salah satu tempat usaha dengan potensi yang sangat luar biasa. Bagi para pebisnis online atau ecommerse istilah Marketplace sudah tidak asing lagi. Marketplace sama dengan sebuah pasar yang bisa dikunjungi dan banyak berbagai produk baik barang atau jasa dengan produsen yang berbeda-beda.


Lain hal nya dalam dunia nyata, marketpalce bisa disebut dengan Mall atau Supermarket atau Pasar Tradisional yang di gunakan bagi para pebisnis offline yang di haruskan mempunyai tempat usaha tertentu. Sedangkan pada dunia maya / Internet, Keberadaan marketplace ini sangat dibutuhkan bagi pebisnis online untuk mendongkrak penjualan produk nya. Yang dibutuhkan bagi para pebisnis online yaitu tempat usaha dalam website. Kunjungi belajar website dengan mudah dari nol

Salah satu cara dalam menjalankan digital marketing bagi pebisnis online adalah dengan menggunakan marketplace. Disini saya akan memberikan informasi mengenai kelebihan marketplace bagi pebisnis online, sbb :

  1. Tempat berkumpulnya penjual dan pembeli, sama hal nya pasar atau mall banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sana, dan juga banyak pembeli atau calon pembeli yang bersliweran disana. Hal ini akan memudahkan bagi penjual dalam berdagang karena pembeli akan langsung datang ketempat penjual dengan sendirinya.
  2. Selain pembeli, keberadaan pedagang yang banyak juga bisa dimanfaatkan dengan saling sharing. menjalin hubungan baik antar sesama penjual atau bahkan bisa saling tukar produk satu sama lain untuk di pasarkan.
  3. Adanya Rekening Bersama Untuk Keamanan. Biasanya untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi online, pihak marketplace akan menyediakan rekening bersama. Rekening bersama sangat bermanfaat baik bagi pembeli maupun pedagang. Keadaan yang lebih terjamin bisa membuat konsumen lebih nyaman dalam berbelanja.
  4. Mendapatkan Promo dari marketplace, biasanya pihak marketplace suka menawarkan banyak promosi untuk klien mereka. Ini sangat bermanfaat bagi penjual untuk lebih mengenalkan produk ke konsumen.
  5. Berbagai macam produk tersedia akan menambah kenyamanan pembeli dalam berbelanja. Pembeli akan dengan mudah mencari produk yang sesuai yang di butuhkannya.

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dari marketplace untuk para pebisnis online, next pada pembahasan berikut nya saya akan menjelaskan mengenai kekurangan marketplace bagi pebisnis online