Bisnis online kini sudah merambah kemana-mana, baik penjualan jasa ataupun barang. Banyak yang hanya sekedar iseng, sampingan bahkan ada yang menjadikan bisnis online menjadi suatu pekerjaan pokok. Memulai bisnis online memang bisa dilakukan tanpa modal, tetapi tidak sepenuh nya seperti itu. Bagi teman-teman yang belum bisa membuat website untuk menempatkan produk/jasa yang di tawarkan, lebih baik dapat membuat website nya dahulu.


Dalam membuat website memang di butuhkan modal yang lumayan, apalagi kalau website nya di buat oleh jasa pembuat website. Lebih mudah lagi jika kita sendiri yang membuat website nya dengan belajar kursus website. Tempat kursus Web Master dan Web Programming dimana kita dapat membuat website dengan hasil seperti portal berita, company profile dan juga toko online (e-commerse).

Dengan memiliki website toko sendiri, ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan, yaitu :

  1. Terlihat lebih terpercaya, terkadang walaupun pembeli yang datang adalah dari marketplate biasa nya mereka akan mengecek website penjual terlebih dahulu sebelum berbelanja. Dengan memiliki sebuah website, produk Anda semakin terlihat lebih profesional dan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
  2. Keamanan Lebih Terjamin. Bagi penjual yang hanya menggunakan marketplace akan merasa was was apakah marketplace tersebut bertahan lama atau tidak, karena kita tidak tahu bagaimana kedepannya marketplace tersebut. JIka Marketplace tersebut tutup maka kita tidak bisa lagi berjualan, tetapi dengan memiliki website toko online sendiri, kita akan tetap bis aberjualan dengan aman.
  3. Dapat mengatur sendiri mengenai produk dan harga serta promo-promo tanpa ada pesaing. Pangsa pasar kita akan jauh lebih tertarget dan terarah pada produk kita sendiri.
  4. Memiliki hak penuh terhadap produk yang di jual, seperti bagaiman menampilkan produk, deskripsi, katalog dan harga.
  5. Pembayaran langsung ke Rekening sendiri tanpa harus menunggu komfirmasi dari marketplace yang dimana biasanya marketplace meminta penjual untuk mengirimkan barang pesanan pembeli lalu setelah barang di terima maka pembayaran baru akan di transfer ke Rekening penjual.
  6. Dapat menentukan nama domain sendiri yang dapat di sesuaikan dengan isi website atau produk yang di jual.

Itulah beberapa keuntungan memiliki website toko online, bagi teman-teman yang masih menggunakan marketplace dalam pemasaran produk kini tidak ada salahkan mencoba untuk membangun website toko online sendiri demi kelansungan toko online teman-teman.

Belajar website di Dumet School