Halo semuanya, kali ini Saya akan membahas artikel tentang konsep dan unsur-unsur penetapan SDM. Berikut ini apa saja yang kalian harus ketahui tentang konsep dan unsur penetapan SDM.

Konsep Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan sumber daya manusia adalah memikirkan para pegawai / karyawan perusahaan saat ini yang akan dilaksanakan serta tindakan yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada baiknya wirausaha merencanakan pengelolaan sumber daya manusia dan menetapkan kebijakannya, meliputi:

  1. Merencanakan dan menetapkan cara mengelola sumber daya manusia sebagai tenaga kerja yang produktif.
  2. Merencanakan dan menerapkan syarta-syarat naik pangkat bagi mereka yang berhasil / berprestasi dalam melaksanakan pekerjaannya.
  3. Menerapkan pedoman jam kerja, cara mengerjakan, masalah cuti kerja, dan sebagainya.
  4. Menetapkan gaji minimum dan tunjangan yang cukup untuk hidup wajar bagi para pegawai / karyawan.

Unsur-unsur Perencanaan Sumber Daya Manusia

Setelah dikembangkannya manajemen usaha maka sumber daya manusia mulai dianggap sebagai sosok yang mempunyai perasaan, pikiran, kebutuhan, kemampuan, dan harga diri. Adapun unsur-unsur perencanaan pengelolaan sumber daya manusia di dalam perusahaan, yaitu:

  1. Rasional, perencanaan pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan harus dibuat dengan pemikiran rasional.
  2. Estimasi, dasar dari perencanaan pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan yang baik adalah dari adanya penganalisisan fakta dan pemikiran yang mendekati (estimasi) kenyataan.
  3. Preparasi, perencanaan pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan dibuat sebagai persiapan, yaitu merupakan pedoman dan patokan untuk tindakan yang akan dilakukan oleh wirausaha sebagai pemilik perusahaan.
  4. Operasional, perencanaan pengelolaan sumber daya manusia sebaiknya dilaksanakan untuk keperluan suatu tindakan dalam pekerjaan di dalam perusahaan.

Itulah artikel kali ini tentang konsep dan unsur-unsur penetapan SDM. Semoga apa yang Saya sampaikan bermanfaat untuk kalian. Jika ada kekurangan mohon dimaklumi, sebagian isi konten Saya kutip dari berbagai referensi.