Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberitahu Langkah-langkah Dasar Untuk Melakukan Riset Marketing.

Dalam usaha apa pun diperlukan riset dan penelitian. Melakukan penelitian berguna untuk mendapatkan keputusan dalam sebuah usaha. Dengan keputusan, kita dapat menentukan jumlah barang yang akan diproduksi, strategi pemasaran, strategi meningkatkan penjualan dan sebagainya. Hal tersebut sangat diperlukan untuk menunjang meningkatnya usaha kita. Berikut ini Langkah-langkah Dasar Untuk Melakukan Riset Marketing.

Merumuskan Masalah

Merumuskan masalah sangat penting dilakukan agar kita mengerti dengan tujuan yang akan dicapai setelah riset selesai. Pada dasarnya riset disusun untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas sebagai kesimpulan atas permasalahan yang sedang kita hadapi dalam usaha. Misalnya permasalahan kita ingin menentukan biaya yang akan digunakan untuk promosi.

Desain Riset

Untuk menentukan prosedur secara detail mengenai cara pengumpulan data, cara pengujian hipotesa dan kemungkinan melakukan kuesioner diperlukan desain riset.

Merancang Metode Pengumpulan Data

Untuk merancang metode pengumpulan data bisa dari data yang diambil langsung dari lapangan dan data yang diambil dari buku, internet atau pun pustaka lainnya yang relevan.

Mengambil Sampel

Kita bisa mengambil sampel berdasarkan pada metode sampling yang digunakan, baik itu probability atau non probability sampling.

Melakukan Analisa

Sebuah pengumpulan data tidak akan pernah bisa menjadi sebuah kesimpulan jika tidak dilakukan analisis. Kita bisa mulai dari editing, koding, tabulasi,danĀ  analisa statistik. Data yang diolah ini lah yang akan memberikan petunjuk pada kesimpulan yang akan kita ambil.

Menyusun Laporan Riset

Laporan riset pemasaran bisa berupa laporan hasil, kesimpulan serta rekomendasi penelitian yang diberikan kepada pihak manajemen. Laporan riset inilah yang akan menjadi standar penelitian oleh para eksekutif dalam mengevaluasi manfaat riset pemasaran.

Itulah sedikit informasi mengenai Langkah-langkah Dasar Untuk Melakukan Riset Marketing. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian. Mohon maaf jika ada kesamaan artikel ini dengan artikel pada website lain.

referensi : kembar.pro