Langkah-langkah Melakukan Jualan Online Sampai Mendapatkan Pembeli – Perkembangan jualan online yang semakin meningkat dan paling banyak digunakan oleh masyarakat kita saat ini, menjadi salah satu cara yang efektif dalam berbelanja kebutuhan kita.

Tak luput juga bagi anda yang sering melakukan pembelian online akan merasa tertarik untuk membangun usaha jualan online. Karena selain mudah dan tanpa harus bermemiliki modal yang banyak, jualan online menjadi suatu bagian usaha sampingan dan bahkan menjadi usaha utama bagi yang sudah berhasil dan memiliki penghasilan yang lebih besar dari pada gaji bulanan anda.

Langkah-langkah Melakukan Jualan Online Sampai Mendapatkan Pembeli

Jualan online dapat dilakukan oleh siapa saja yang sudah memiliki niat untuk malakukan usaha dalam bidang internet marketing ini. Bagi anda yang tertarik untuk membangun usaha jualan online tidak perlu takut tidak sampai mendapat pembeli yang akan membeli dagangan anda.

Untuk melakukan jualan online, maka anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah melakukan jualan online sampai mendapat pembeli seperti cara berikut ini :

1. Bergabung Dengan Market Place

Banyak penyedia jasa untuk berjualan online yang di sebut sebagai Market Place seperti Lazada, OLX, Tokopedia dll. Untuk memulai nya anda bisa juga menggunakan Market Place ini untuk memasarkan produk jualan online anda.

Dalam menggunakan Market Place tentu anda akan menemukan banyak persaingan dagang yang memiliki produk sejenis dengan haga yang bersaing, maka dari itu perhatikan harga barang yang akan anda jual jangan sampai melebihi harga yang di tawarkan oleh pedagang lainnya karena kemungkinan pembeli akan lebih memilih barang yang lebih murah.

2. Menjadi Reseller atau Dropshiper

Cara paling mudah dan simpel adalah dengan menjadi Reseller atau Dropshiper karena dengan melakukan hal ini anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Pekerjaan yang anda lakukan adalah hanya bermodalkan gambar untuk anda dapat share di akun sosial media atau diperlihatkan kepada teman kantor, sekolah, main dll.

Untuk sistem penjualannya anda hanya tinggal menaikan harga yang sudah di tetapkan oleh pihak supplier atau menurut perjanjian kedua belah pihak. Untuk pesanan barang dapat di kirim langsung oleh suppier ke calon pembeli.

3. Membuat Website Penjualan

Website dapat diibaratkan sebagai toko tempat berjualan. Jika anda memiliki website maka calon pembeli akan lebih merasa nyaman dan percaya dengan barang jualan online anda. Dalam website biasanya akan dijelaskan mengenai kategori produk, deskripsi dan keterangan tambahan lainnya. Buatlah website yang memiliki data diri anda sebagai penjual dan buatlah satu halaman yang menampilkan rangkaian produk.

Untuk membuat website memang membutuhkan modal tetapi tidak terlalu besar, anda dapat membuat website dengan mudah menggunakan wordpress, dan membeli domain hosting dengan biaya hosting per bulan hanya sekitar Rp 20.000 – 30.000 dan harga domain sekitar Rp 100.000 per tahun (atau kurang dari Rp 10.000 per bulan).
Dengan kata lain jika profit anda 10ribu dari 1 produk, berarti terjual 2-4 sebulan maka itu sudah “balik modal”.

4. Kenalkan Website Anda

Website yang sudah siap harus di kenalkan kepada para pengguna internet dengan cara melakukan internet marketing. Anda bisa saja memperkenalkan kepada teman-teman sosial media anda dengan melakukan share link URL nya dan juga menggunakan sistem manual saperti memberikan langsung alamat web anda kepada teman kantor, sekolah, main dll.

Jika anda ingin lebih meningkatkan lagi jualan online sampai mendapat pembeli, anda dapat menggunakan teknik SEO, atau juga dapat memasang iklan pada Google, FB ataupun Youtube. Teknik marketing seperti SEO, Iklan Google, FB, dan Youtube tidaklah mudah dilakukan bagi orang awam, untuk mempelajarinya anda dapat mengikuti kursus digital merketing.

Kursus digital marketing terbaik yang tersedia di Dumet School, tidaklah mahal karena materi yang di terima up to date, tidak ada batas waktu, di ajarkan sampai bisa dan free konsultasi seumur hidup. Jika anda menghitung biaya yang anda keluarkan di awal untuk kursus dan dibandingkan dengan hasil yang akan anda capai maka ini adalah kursus yang paling murah.