Hallo kawan-kawan UKM, artikel kali ini yang Saya akan bahas adalah mengenai Macam-macam Analisis Jabatan dan Manfaatnya. Pada artikel sebelumnya Saya membahas tentang Pengelolaan SDM Melalui Analisis Jabatan. Oke, langsung saja simak berikut ini apa saja jenis-jenis dari analisis jabatan dan manfaatnya.

Analisis jabatan terdiri atas:

  1. Job analysis for personal specipication, Jenis analisis jabatan ini tujuannya untuk menentukan syarat-syarat kualifikasi sumber daya manusia sebagai tenaga kerja yang dibutuhkan.
  2. Job analysis for training purposes, Jenis analisis jabatan ini tujuannya untuk menentukan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam mengajarkan suatu pekerjaan kepada pegawai / karyawan dalam perusahaan yang digunakan pula untuk kebutuhan pendidikan dan latihan.
  3. Job analysis for setting raters, Jenis analisis jabatan ini tujuannya untuk menentukan nilai setiap jabatan dalam perusahaan serta dapat ditentukan tingkat upah / gaji setiap jabatan pegawai.
  4. Job analysis for method improvement, Jenis analysis jabatan ini tujuannya untuk mempermudah cara bekerja sumber daya manusia sebagai tenaga kerja pada suatu jabatan tertentu.

Manfaat analisis jabatan, yaitu:

  1. Dalam penarikan dan penempatan, dapat menentukan kualifikasi pegawai yang akan memangku jabatan tertentu.
  2. Dalam pendidikan dan latihan, wirausaha akan mendidik dan melatih sumber daya manusia sebagai pegawai yang akan menduduki suatu jabatan tertentu serta dapat mengetahui keahlian dan kemampuan sumber daya manusia sebagai pegawai.
  3. Dalam penilaian jabatan, wirausaha dapat menentukan tingkat upah / gaji, pemindahan, dan promosi pegawai.
  4. Dalam perbaikan syarat pekerjaan, berarti adanya penyederhanaan pekerjaan yang dapat dijalankan dengan baik.
  5. Dalam perencanaan organisasi, wirausaha sebagai pemilik akan menyusun struktur organisasi perusahaan yang tepat serta wirausaha dapat meniadakan duplikasi tugas kerja di antara berbagai jabatan.
  6. Dalam pemindahan dan promosi, wirausaha dapat melaksanakan pergeseran pegawai yang kurang sesuai dengan jabatannya. Selain itu, wirausaha juga dapat mempromosikan seorang pegawai yang cocok untuk memangku suatu jabatan tertentu.

Sekian dari Saya artikel mengenai Macam-macam Analisis Jabatan dan Manfaatnya. Semoga apa yang Saya sampaikan kali ini bermanfaat untuk kalian. Jika isi dari artikel ini ada yang sama seperti sumber lain mohon dimaklumi.