Bisnis online syariah merupakan salah satu bisnis online yang lebih mengedepankan perdagangan tanpa mencampurkan dengan beberapa transaksi yang berpeluang terjadi kecurangan. Sebagaimana diketahui, saat ini bisnis online sudah sangat menjamur di negara Indonesia, bahkan dunia. Berbagai macam barang bisa dijadikan sebagai bahan untuk dibisniskan. Sayangnya, ada oknum-oknum yang kemudian memanfaatkan fakta ini dengan memperdagangkan barang yang semestinya tidak diperdagangkan.

Sebagai seorang muslim, tentunya Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih bisnis online yang akan dijalankan. Jangan sampai niat awal yang ingin menambah pendapatan keluarga justru akan berujung pada penjara, atau bahkan mendapat murka Tuhan. Nah, bisnis online yang masuk dalam kategori ini adalah bisnis online syariah. Apa sebenarnya bisnis online syariah itu? Dan, apa saja macamnya? Berikut ini uraian lengkapnya.

# Definisi Bisnis Online Syariah

Bisnis online syariah adalah bisnis yang dalam perjalanan bisnisnya sesuai dengan hukum dan syarat yang sudah ditentukan, salah satunya adalah barang harus jelas. Kejelasan barang dapat diperoleh dengan menyertakan foto dalam website. Itu artinya, hampir semua bisnis online saat ini sudah bisa dikategorikan syariah? Ya. Sebab, pada dasarnya, bisnis online syariah sama seperti bisnis online lainnya yang dipasarkan melalui internet. Hanya pelakunya saja yang mengetahui halal tidaknya produk yang dijual, serta adakah pencampuran transaksi yang haram di dalamnya.

# Macam-Macam Bisnis Online Syariah yang Menguntungkan

Dari sekian banyak bisnis online, hanya ada beberapa bisnis yang mempunyai peluang lebih besar masuk dalam kategori syariah. Berikut ini daftarnya:

  1. Affiliate Marketing

Asalkan produk yang dijual halal dan dipasarkan di jalan yang halal juga, maka bisnis ini sudah masuk dalam kategori syariah. Oleh karena itu, pandai-pandailah dalam memilih produsen yang menyediakan program ini.

  1. Google Adsense

Sudah banyak orang yang berhasil menjalankan bisnis iklan ini. Dalam bisnis ini, Anda hanya harus memiliki skill.

  1. Dropshipping

Sama seperti sistem affiliate marketing, sistem dropshipping juga masuk dalam kategori bisnis online syariah. Anda tinggal memasarkan produk halal orang lain, kemudian mendapatkan komisi jika Anda berhasil menjualkannya.

Ketiga jenis bisnis online di atas termasuk dalam kategori syariah karena dalam akad yang dilakukan sebelumnya tidak terjadi pelanggaran syariah. Nah, bagaimana dengan Anda? Anda lebih tertarik menjalani bisnis online syariah mana?