Macam-Macam Search Engine Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya  – Search Engine atau dalam Bahasa Indonesia nya adalah mesin Pencari yaitu suatu sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (www). Informasi ini berjumlah ratusan milyar situs yang dapat saling terhubung satu sama lain.

Jumlah search engine sebenarnya banyak sekali, dan seiring dengan perkembangan dunia internet maka Search Engine pun memiliki perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun. Salah satu Search Engine terkenal dan banyak dipakai oleh banyak negara adalah Search Engine Google karena kenyamanan serta kemudahan dalam mengoperasikannya.

Selain Google ada juga beberapa search engine besar lainnya. Berikut adalah macam-macam search engine beserta kelebihan dan kekurangannya

Macam-Macam Search Engine Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

1. Google (www.google.com)
Google sebagai mesin pencari web juga menyediakan jasa pencarian image (gambar), news (berita), arsip newsgroup, dan juga direktori. Keunggulan Google Terletak pada pencarian teks, Fitur yang lebih canggih,  kecepatan dan kemudahan serta kenyaman dalam mencari semua informasi terutama dari algoritma yang selalu diupdate dan diperbanyak guna mendapatkan kepuasan orang yang mencari informasi, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.

Sedangkan kelemahan dari Google adalah tidak adanya pencarian file, video, maupun audio. Google juga menjadi sasaran para spamer untuk menampilkan berbagai iklan yang tidak diperlukan.

2. Yahoo! (www.yahoo.com)
Yahoo adalah salah satu search engine tertua dan juga menjadi salah satu portal terbesar di Internet selain MSN, walau homepagenya sendiri tidak terlalu friendly untuk pencarian. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan juga peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian image / gambar. Banyak fasilitas yang disediakan oleh Yahoo ini seperti: Y!A Y!A Y! mail dan Y! 360. selain itu yahoo ini sudah banyak terdapat di berbaggi negara

Sedangkan untuk kekurangan dari Yahoo! adalah
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo saja, tidak bisa untuk produk windows, seperti IM dan juga MSN
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab.
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM yang dikeluarkan windows.
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang memiliki cukup banyak skin.

3. MSN (http://search.msn.com)
MSN adalah mesin pencari yang berasal dari Microsoft Network yang menggunakan sistem pencarian dengan menggunakan keyword maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. MSN merupakan Search Engine terpopuler no 3 setelah Google dan Yahoo menurut Situs Searchenginewatch. Pada MSN menyediakan pencarian maps, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, pencarian rumah, mencari video, musik, gambar, dan juga beragam format file.

Sedangkan kekurangan MSN adalah butuh waktu lama sampai hasilnya tampil di halaman MSN dan Penggunanya sulit membedakan antara iklan dan non iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik yang terletak di depannya.

4. Bing (www.bing.com)
Bing merupakan mesin pencari web yang dimiliki oleh Microsoft, launching sekitar 1 juni 2009. Sebelumnya layanan ini dikenal sebagai MSN search dan Windows Live seacrh dan Live Search yang sudah ada sejak tahun 1998. Jumlah penguna Bing saat ini sudah sekitar 9.5 %. Desain Bing yang memiliki tampilan dengan latar pemandangan yang selalu berubah-ubah setiap waktunya.

Kelebihan Bing lainnya yaitu memiliki fasilitas instant answer, hasil pencarian image atau video yang dapat ditampilkan dan difilter begitu detail. Bing.com ini sebagai mesin pencari yang sangat komplit, karena di pastikan semua yang dicari pasti akan ditemukan. Para pengguna juga bisa membuka situs yang diblokir karena sistem filter atau penyaringan yang bisa diaktifkan ataupun di non aktifkan sendiri.

Kekurangan Bing sendiri tidak bisa digunakan untuk berhitung, fitur yang yang lengkap dan kurang cepat dalam menam[pilkan hasil pencarian maka dari itu bing.com kurang di minati oleh sebagian besar pengguna internet.

Itulah macam-macam search engine yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat bermanfaat